Apa itu BPJS PCare dan Apa Kegunaannya?

BPJS Kesehatan berkomitmen untuk memperbaiki pelayanan kesehatan di Indonesia dengan membentuk BPJS PCare dan resmi beroperasional pada tahun 2014.

Primary Care (PCare) adalah salah satu aplikasi dari BPJS Kesehatan yang menawarkan faskes tingkat pertama, seperti puskemas; klinik; praktek dokter mandiri; ataupun laboratorium rujukan peserta BPJS Kesehatan. Fungsi PCare telah sesuai dengan kebutuhan akses data Puskesmas.

Aplikasi ini ditujukan untuk pemegang premi yang mengajukan pengobatan termasuk mendaftarkan diri sebagai pasien di faskes baik tingkat pertama ataupun puskesmas.

PCare dapat diakses melalui website dan hape, tetapi untuk saat ini tidak tersedia untuk IOS.

Sayangnya, PCare tidak dapat digunakan untuk masyarakat umum, tidak semua pengguna dapat menggunakan PCare BPJS. Hanya mereka yang telah resmi mendaftarkan ke BPJS dan telah diberikan akses ke user dan password.

Fitur PCare sangat banyak, meliputi:

  • Informasi Tagihan.
  • Tata Cara Mendaftarkan Peserta BPJS Kesehatan mandiri atau instansi.
  • Pencarian FasKes Terdekat.

Fitur-fitur yang ada di atas membantu pengguna untuk:

  • Mendaftarkan diri lebih praktis

Saat pendaftaran, faskes hanya perlu memasukkan no. Peserta BPJS, kemudian seluruh data pasien akan tersimpan. Bahkan jika pengguna berada di lokasi yang berbeda, data dapat di ubah dan di akses dengan mudah.

  • Data pasien terintegrasi

Dengan PCare, data pasien dapat diakses oleh puskesmas, klinik, maupun rumah sakit. Yang mana pasien dapat ditangani dengan cepat saat terapi pengobatan.

  • Diagnosa lebih cepat

Pasien tidak memerlukan tes atau check-up bila data rekam medis telah tercatat di PCare BPJS. Pasien dapat datang langsung dan mendapatkan penanganan yang seharusnya di dapat.

Baca Juga :  Kemenkes Akan Ubah Aturan Booster untuk Usia 16-18 Tahun

Tidak hanya itu, PCare juga mempunyai program PCare Vaksinasi.

Sistem ini adalah upaya untuk mendukung proses registrasi target penerima vaksin, screening status kesehatan, mencatat & melaporkan hasil pelayanan vaksinasi COVID-19.

PCare BPJS mendukung proses program vaksinasi COVID-19 dari awal mulai hingga akhir, sistem informasi yang telah terintegritas mempermudah  seseorang untuk mengakses ketersediaan dan alokasi vaksin maupun logistik.

Data hasil input akan terintegrasi dengan tabulasi dan dashboard Komite Penanganan COVID-19 dan Pemulihan Ekonomi Nasional (KPC-PEN).

Dengan BPJS PCare dan PCare Vaksin, diharapkan dapat memberikan pelayanan kesehatan bagi masyarakat Indonesia. Karena sistem teknologi yang maju, dapat mencegah kecurangan yang sering terjadi dan meningkatkan mutu kesehatan di Indonesia.

Dengan menggunakan modul BPJS PCare dari Trustmedis, mitra dapat mencetak PCare secara otomatis. Dengan satu kali klik, anda dapat melihat jumlah kamar dan bed operasional yang tersedia.

Sumber berita : trustmedis.com

Artikel anda ingin di muat di dailyhospital.id? Silahkan Register disini atau hubungi : halo@medicaltourism.id  untuk kerjasama & partnership

Related Articles

Responses

Your email address will not be published. Required fields are marked *