6 Kebiasaan Sehari – hari yang Membahayakan Kesehatan

Begadang, merokok, dan pola makan yang tidak sehat merupakan contoh kegiatan yang dapat mengundang berbagai jenis penyakit. Namun, secara sadar ataupun tidak, hal tersebut mungkin menjadi kebiasaan yang hampir setiap hari dilakukan.

Kebiasaan Sehari – hari yang Membahayakan Kesehatan

Yuk coba cek apakah kamu memiliki kebiasaan yang membahayakan kesehatan seperti berikut ini :

1. Kebiasaan makan tidak sehat 

Walaupun rasanya menggugah selera, namun sering mengonsumsi makanan cepat saji serta makanan dan minuman manis bukanlah kebiasaan yang baik.

Makanan cepat saji seperti pizza, kentang goreng, dan hamburger, banyak mengandung kalori, gula dan garam, tapi minim nutrisi.

Makanan dan minuman manis seperti donat, es krim, dan minuman bersoda juga tidak baik bagi kesehatan karena memiliki kadar gula yang tinggi. Beberapa penyakit yang rentang terjadi jika sering mengonsumsi makanan tersebut adalah diabetes, obesitas, dan kolesterol tinggi.

2. Begadang 

Banyak sekali orang yang sering begadang, entah untuk bekerja, menonton tayangan kesukaan, atau mungkin karena tidak bisa tidur.

Padahal, kebiasaan begadang tidak baik untuk kesehatan karena dapat menurunkan konsentrasi saat beraktivitas, memengaruhi mood, memicu stres, dan meningkatkan berat badan.

Kebiasaan buruk ini juga dapat membuatmu jadi lebih beresiko terkena hipertensi dan diabetes.

3. Merokok

Pasti kalian tau bahwa merokok tidak memiliki manfaat apa – apa. Bahkan malah sebaliknya, dapat merusak kesehatan. Meski sudah diberi peringatan keras di kemasan rokok, tapi masih banyak yang suka melakukannya.

Baca Juga :  Waktu untuk Infused Water yang Aman Dikonsumsi Setelah Dibuat

Alasan merokok dapat membahayakan kesehatan adalah satu batang rokok mengandung ribuan bahan kimia yang dapat meningkatkan resiko terkena penyakit paru – paru, jantung, kanker, dan osteoporosis.

Selain itu, merokok juga dapat membuat kulit rentan mengalami penuaan dini.

4. Malas Bergerak 

Duduk terlalu lama atau malas bergerak termasuk kebiasaan yang dapat membahayakan kesehatan. Duduk dalam waktu yang lama dapat membuat proses metabolisme tubuh melambat.

Kebiasaan ini akan menurunkan kemampuan tubuh dalam mengontrol kadar gula, tekanan darah, dan memecah lemak. Akibatnya, dapat mengalami diabetes, berat badan bertambah, dan penyakit jantung dapat meningkat.

5. Kebiasaan Menahan Marah 

Marah adalah bentuk emosi yang normal dan dapat muncul kapan saja. Jika merasa kecewa atau kesal, ada baiknya marah tersebut disalurkan dengan cara yang baik.

Jangan memendam marah karena kebiasaan sering menahan marah atau tidak mampu mengelola emosi dengan baik dapat berdampak buruk bagi kesehatan.

Beberapa masalah kesehatan yang rentang muncul akibat kebiasaan ini adalah sakit kepala, serangan jantung. insomnia, kecemasan, masalah pencernaan, dan depresi.

6. Terlalu Sering Membuka Sosial Media 

Kebiasaan sering membuka sosial media dapat membuat malas berolahraga dan bersosialisasi dengan orang lain, bahkan dapat meningkatkan resiko mengalami gangguan makan.

Selain itu, terlalu sering memantau postingan orang lain juga tidak baik untuk kesehatan mental. Misalnya seperti saat melihat foto orang sedang berlibur, kamu merasa iri dan ingin melakukannya juga. Padahal, keuanganmu sedang tidak mendukung dan akhirnya menjadi kesal sendiri.

Baca Juga :  Kenali Obat Saraf Kejepit Dapat Meringankan Rasa Sakit

Ternyata hal – hal diatas tadi kelihatannya sepele tapi ternyata membahayakan kesehatan. Jadi, sebisa mungkin berhenti dan hindari kebiasaan tersebut dan terapkan pola hidup yang sehat.

 

Source : alodokter.com

Artikel anda ingin di muat di dailyhospital.id? Silahkan Register disini atau hubungi : halo@medicaltourism.id  untuk kerjasama & partnership

Related Articles

Responses

Your email address will not be published. Required fields are marked *