Bahaya Kekurangan Vitamin A bagi Kesehatan

Vitamin A memiliki peran penting dalam berbagai fungsi tubuh. Vitamin A ini sangat berfungsi untuk mendukung sistem kekebalan, reproduksi, pertumbuhan, kemampuan penglihatan, kesehatan kulit, dan penyembuhan luka.

Supaya fungsi tubuh tetap terjaga, maka kamu harus memenuhi asupan vitamin A setiap hari. Pada umumnya, kebutuhan vitamin A setiap orang berbeda – beda, tergantung pada usia dan kondisi kesehatan. Misalnya kebutuhan vitamin A untuk ibu hamil dengan orang dewasa sangat berbeda.

Vitamin A dapat diperoleh melalui makanan seperti daging, ikan, telur, mangga, bayam, dan wortel. Mengonsumsi sumber makanan kaya akan vitamin A sangat penting. Sebab, apabila kekurangan vitamin A bisa menyebabkan beberapa masalah kesehatan.

Beberapa masalah kesehatan akibah kekurangan vitamin A antara lain:

1. Kulit Kering dan Gatal 

Berdasarkan International Archives of Allergy and Immunology, Vitamin A sangat berperan penting dalam pembentukan dan perbaikan sel – sel kulit. Vitamin ini juga memiliki tugas untuk melawan peradangan akibat masalah kulit tertentu.

Karenanya, menurut penelitian yang dimuat European Journal of Clinic Nutrition, kekurangan vitamin A dapat menyebabkan masalah kulit, salah satunya adalah dermatitis apotik atau disebut eksim kering.

Awalnya kondisi tersebut ditandai dengan kulit yang kering, memerah, dan gatal yang terus menerus. Bahkan pada beberapa kasus, penyakit akibat kekurangan vitamin A ini menyebabkan kulit terasa sakit dan berdarah.

2. Kebutaan

Menurut American Academy of Ophthalmology, kekurangan vitamin A dapat mempengaruhi kesehatan mata, bahkan menimbulkan resiko kebutaan.

Baca Juga :  Mari Mengenal Manfaat Kunyit Untuk Asam Lambung

Kondisi tersebut biasanya diawali dengan rabun senja, yaitu penurunan kemampuan penglihatan secara drastis ketika sedang berada di lingkungan gelap.

Jika defisiensi vitamin A tidak diatasi, maka bagian kornea dan konjungtiva dapat mengering. Kondisi seperti ini dapat membuat kornea lebih mudah terluka. Cepat atau lambat, hal tersebut dapat memicu kebutaan.

3. Ketidaksuburan

Disampaikan dr. Dyah Novita Anggraini, kurang vitamin A bisa menyebabkan ketidaksuburan pada pria dan wanita. Berdasarkan riset yang dirilis jurnal Fertility and Sterility, penyebab ketidaksuburan pada pria diduga karena stres oksidatif yang dapat merusak sel – sel sperma.

Stres oksidatif merupakan kondisi ketika kadar radikal bebas yang ada di dalam tubuh melebihi antioksidan. Kondisi ini dapat merusak sel – sel tubuh, termasuk sperma. Diduga, mekanisme yang serupa juga terjadi pada sel telur.

4. Pertumbuhan Anak Terhambat

Kekurangan vitamin A akan menyebabkan pertumbuhan anak menjadi terhambat. Penyebabnya karena vitamin A diperlukan untuk perkembangan tubuh manusia.

Oleh karena itu, memenuhi asupan vitamin A adalah hal yang sangat penting bagi pertumbuhan agar anak tetap optimal. Vitamin A dapat dipenuhi dari makanan sehari – hari atau konsumsi suplemen setelah melakukan konsultasi dengan dokter.

Riset yang dirilis American Journal of Clinical Nutrition menyatakan bahwa suplemen vitamin A terbukti dapat membantu meningkatkan pertumbuhan anak. Manfaat vitamin A dalam mendukung pertumbuhan anak akan lebih maksimal jika dikombinasi dengan asupan nutrisi lain dalam jumlah yang seimbang.

Baca Juga :  Dampak Mengonsumsi Obat Setelah Minum Kopi

5. Luka Sulit Sembuh

Jika luka yang kamu miliki tidak cepat sembuh setelah mengalami cedera, bisa jadi hal tersebut karena kekurangan kadar vitamin A.

Pasalnya, vitamin A dapat mendukung produksi kolagen. Ini adalah serat protein yang berperan mendorong pertumbuhan kulit di tepi luka agar dapat cepat menyusut dan menutup.

6. Jerawat

Sebuah penelitian yang dipublikasikan Clinic and Experimental Dermatology mengungkapkan bahwa kekurangan vitamin A dapat menyebabkan pertumbuhan jerawat.

Jerawat dapat muncul karena sel – sel kulit mati tidak mengalami regenerasi akibat kekurangan kadar vitamin A. Selain berperan dalam pembentukan dan perbaikan sel – sel kulit, vitamin A juga bertugas melawan peradangan seperti jerawat.

 

Source : klikdokter.com

Artikel anda ingin di muat di dailyhospital.id? Silahkan Register disini atau hubungi : halo@medicaltourism.id  untuk kerjasama & partnership

Related Articles

Responses

Your email address will not be published. Required fields are marked *