Apakah Ibu Menyusui Boleh Minum Obat?

Sebagian ibu mungkin khawatir efek minum obat saat menyusui. Lantas, bolehkah minum obat saat menyusui? simak ulasan berikut ini

Saat menyusui, ibu harus benar-benar memperhatikan asupan apa pun yang masuk ke tubuh. Para ibu biasanya khawatir bila kondisi ASI akan terpengaruh oleh apa yang mereka konsumsi.

Lantas, ketika sakit bolehkah ibu menyusui minum obat? Jangan bingung, baca terus ulasan berikut soal aturan dan efek minum obat saat menyusui.

Minum Obat Saat Menyusui, Apa Efeknya pada Bayi?

Minum obat saat menyusui bayi kadang memang menjadi dilema. Ibu mungkin khawatir obat tersebut akan berefek pada ASI yang diminum si kecil.

Pasalnya, hampir semua obat yang dikonsumsi juga dapat masuk ke ASI. Biar pun begitu, kadar obat yang masuk ke ASI berbeda-beda tergantung jenisnya.

Ada yang masuk ke ASI dalam jumlah cukup besar, sehingga bisa memengaruhi kesehatan si kecil. Obat jenis inilah yang tidak boleh dikonsumsi selama menyusui.

Gejala pada anak yang bisa muncul akibat ibu menyusui mengonsumsi obat yang tidak tepat antara lain anak rewel, muntah, kemampuan mengisap ASI terganggu, dan gangguan tidur.

Pada kondisi yang lebih parah, efek minum obat saat menyusui pada bayi dapat memicu gangguan pertumbuhan motorik, apalagi jika ibu mengonsumsi obat tertentu dalam jangka waktu lama.

Paparan obat-obatan di dalam ASI akan semakin tinggi risiko efeknya pada bayi jika ibu memiliki bayi prematur, bayi baru lahir, dan bayi yang secara medis tidak stabil atau memiliki gangguan ginjal.

Baca Juga :  Ini 6 Cara Cepat Hamil yang Patut Dicoba

Risiko itu terjadi karena kemampuan bayi, utamanya yang masuk tiga kategori di atas, untuk mengeluarkan zat-zat kimia dari obat masih cukup rendah hingga ia berusia 6 bulan.

Namun, ada juga obat yang masuk ke ASI dalam jumlah tidak begitu besar dan tidak akan berpengaruh pada si kecil ketika menyusui.

Perhatikan Ini Sebelum Minum Obat Saat Menyusui

Ibu menyusui boleh minum obat tertentu yang diizinkan. Hal yang terpenting, perhatikan kategori obat yang akan kamu minum.

Carilah sumber tepercaya yang dapat menunjukkan apakah obat tersebut aman atau tidak untuk dikonsumsi ibu menyusui.

Beberapa list obat yang aman dikonsumsi ibu menyusui adalah:

Penghilang Rasa Nyeri

Obat Antimikrobial

Antihistamin

Obat Saluran Cerna

  • Famotidine
  • Omeprazole
  • Cimetidine

Jika masih ragu atau obat yang ingin kamu konsumsi tidak ada di list di atas, sebaiknya konsultasi dengan dokter terlebih dahulu.

Setelah itu, mintalah resep obat yang bisa membantu mengatasi masalah kesehatan yang dialami tetapi tetap aman diminum saat menyusui. Ibu menyusui boleh minum obat asalkan sesuai anjuran dokter.

Ketika minum obat-obatan, selalu perhatikan tanda atau gejala abnormal pada bayi, seperti perubahan pola makan atau tidur, rewel, dan kemerahan.

Jika ada perubahan pada fisik dan perilaku bayi, segeralah berkonsultasi lebih lanjut dengan dokter.

Baca Juga :  6 Pilihan Obat Sakit Gigi Berlubang Tradisional

 

Ditinjau :

Source : klikdokter.com

Artikel anda ingin di muat di dailyhospital.id? Silahkan Register disini atau hubungi : halo@medicaltourism.id  untuk kerjasama & partnership

Related Articles

Responses

Your email address will not be published. Required fields are marked *