Makanan yang Dilarang untuk Penderita Paru-Paru Basah

Penderita penyakit paru-paru basah tidak boleh sembarang konsumsi makanan. Ketahui makanan yang dilarang lewat artikel berikut!

Paru-paru basah adalah penyakit yang terjadi akibat peradangan, baik pada sebagian paru ataupun keduanya. Kondisi ini biasanya disebabkan oleh infeksi bakteri, virus, atau jamur.

Agar penyakit tak semakin parah, pasien dengan paru-paru basah mesti menerapkan gaya hidup sehat. Selain itu, pasien wajib memperhatikan asupan yang dikonsumsi guna menurunkan risiko komplikasi.

Berikut ini makanan yang dilarang untuk penderita paru-paru basah:

1. Makanan Mengandung Garam Tinggi

Makanan asin atau mengandung garam tinggi merupakan jenis makanan yang harus dihindari penderita paru-paru basah. Pasalnya, kandungan natrium di dalamnya dapat menyebabkan retensi cairan.

Kondisi tersebut akan memengaruhi pasien infeksi paru yang juga memiliki tekanan darah tinggi dan gangguan jantung.

2. Produk Olahan Susu

Bukan hanya makanan, beberapa minuman tertentu juga sebaiknya dihindari penderita paru-paru basah. Pasalnya, konsumsi susu bisa memberikan efek positif dan negatif.

Positifnya, susu adalah sumber protein yang baik untuk membantu perbaikan sel dan kesehatan paru.

Sementara itu, negatifnya adalah susu cenderung meningkatkan produksi lendir di saluran pernapasan yang bisa memperparah gejala.

3. Daging Olahan yang Diawetkan

Ini termasuk makanan yang dilarang untuk penderita paru-paru basah. Penelitian yang dimuat dalam European Respiratory Journal menyebut bahwa daging olahan yang diawetkan berpotensi tinggi memperburuk kondisi paru-paru.

Baca Juga :  Kemenkes Resmi luncurkan platform SatuSehat yang terintegrasi Data Layanan Kesehatan

Pasalnya, asupan tersebut memiliki kandungan nitrat di dalamnya. Nitrat yang digunakan dalam memproses dan mengawetkan daging dapat memicu peradangan pada paru-paru.

Beberapa jenis daging olahan, misalnya ham, daging deli (lunch meat), dan sosis.

4. Kafein

Jika kamu memiliki gangguan paru dengan keadaan penyempitan saluran pernapasan, biasanya dokter akan meresepkan obat untuk melebarkan penyempitan tersebut.

Kamu juga sebaiknya menghindari asupan kafein, khususnya dalam jumlah besar. Pasalnya, konsumsi kafein berlebih akan menimbulkan efek aktivasi saraf simpatis.

Akibatnya, terjadi peningkatan risiko terjadinya efek samping, misalnya keluhan jantung berdebar. 

5. Gorengan

Salah satu makanan yang tidak boleh dimakan penderita paru-paru basah adalah gorengan. Makanan yang digoreng dengan banyak minyak dapat meningkatkan risiko keluhan dispepsia, seperti perut kembung.

Jika mengonsumsi makanan tersebut, kamu bisa merasakan sensasi tidak nyaman, bahkan lebih sulit bernapas.

Alhasil, kinerja paru-paru yang sedari awal terganggu karena penyakit menjadi lebih berat lagi.

6. Minuman Manis dan Bersoda

Sebuah studi menemukan bahwa orang dewasa yang mengonsumsi lebih dari 5 minuman ringan manis dalam seminggu lebih berpotensi memiliki penyakit bronkitis tahap lanjut.

Kendati demikian, hubungan secara pasti minuman soda manis dengan kondisi paru masih memerlukan penelitian lebih lanjut.

Selain itu, kandungan gula yang tinggi pada minuman bersoda dapat meningkatkan risiko peradangan dan menyebabkan penambahan berat badan.

Baca Juga :  Hal-Hal yang Harus Diketahui Tentang Medical Check Up

Itu dia beberapa pantangan makanan bagi penderita paru-paru basah yang sebaiknya diperhatikan. Yuk, #JagaSehatmu, cek keadaan paru ke dokter untuk pemeriksaan yang lebih detail.

 

Ditinjau :

Source : klikdokter.com

Artikel anda ingin di muat di dailyhospital.id? Silahkan Register disini atau hubungi : halo@medicaltourism.id  untuk kerjasama & partnership

Related Articles

Responses

Your email address will not be published. Required fields are marked *