National Hospital Surabaya Sudah Membuka Layanan Epilepsy Center dan Long Term Video EEG Unit

National Hospital memperluas pelayanan kesehatan kepada masyarakat dengan membuka Layanan Epilepsy Center. Tujuannya, agar para Epilepsy Survivor mendapat penanganan penyakit secara komprehensif dan paripurna.

Epilepsy Center (EPIC) dan Long Term Video EEG Unit diresmikan di Auditorium Ang Kang Hoo National Hospital Surabaya, CEO National Hospital Ang Hoey Tiong pada Kamis, 28 April 2022.

Dalam acara ini, sebagai simbolisasi berupa penyerahan piagam logo dua layanan tersebut, kepada tim Dokter EPIC yang diwakili oleh dr Heri Subianto, dan didampingi oleh dr Neimy Novitasari, diharapkan bisa membantu masyarakat yang selama ini tidak tahu penanganan secara tepat.

Spesialis Saraf, Dokter Neimy Novitasari, menjelaskan, pelayanan yang dihadirkan berupa Level 3 Epilepsy Center dengan menyediakan beberapa fasilitas penunjang.

“Mulai Epilepsy Monitoring Unit (EMU), Long term Video EEG, Pemeriksaan EEG yang dapat merekam aktifitas kelistrikan pada otak dalam jangka waktu lebih dari 3×24 jam. Dengan dilengkapi fasilitas kamar dan ruangan yang nyaman untuk pasien,” ujarnya.

Kemudian, lanjut dia, MRI Protocol Epilepsy yaitu pemeriksaan MRI khusus untuk epilepsi dengan menggunakan MRI 3 Tesla. Lalu Medical Management, penanganan epilepsi melalui pemberian obat-obatan.

“Berikutnya ada tindakan operasi untuk epilepsi dengan metode bedah sayatan minimal dengan dukungan peralatan khusus, sehingga menghindari atau meminimalisir terjadinya efek komplikasi akibat dari tindakan operasi,” jelas dia.

Dokter Heri Subianto Spesialis Bedah Saraf, menambahkan, ketidaktahuan pasien akan informasi penanganan epilepsi yang baik sesuai standar protokol secara medis.

Baca Juga :  Ternyata Bersepeda Memiliki Manfaat bagi Kesehatan Tubuh Lho! Yuk Simak

“Sehingga menjadikan mereka memilih penanganan epilepsi ke tempat-tempat diluar medis yang kurang tepat, penyembuhannya tidak dapat berjalan secara maksimal,” ungkapnya.

“Keterbatasan layanan penanganan epilepsi di Indonesia saat ini masih belum merata khususnya dalam tindakan operasi pada penyakit epilepsi,” pungkasnya.

 

 

Artikel anda ingin di muat di dailyhospital.id? Silahkan Register disini atau hubungi : halo@medicaltourism.id  untuk kerjasama & partnership

Related Articles

Responses

Your email address will not be published. Required fields are marked *