Manfaat Kunyit Hitam bagi Tubuh yang Jarang Diketahui

“Kunyit hitam memiliki kandungan antioksidan dan sifat anti inflamasi di dalamnya. Manfaat kunyit hitam juga cukup banyak bagi kesehatan tubuh, salah satunya menjaga kesehatan paru-paru.”

Sebagian masyarakat tentunya sudah mengenal kunyit. Bahkan, masyarakat juga sudah mengetahui beragam manfaat yang bisa didapat dari kunyit.

Bukan hanya kunyit kuning, ternyata kunyit memiliki jenis lain yang tidak kalah bermanfaat bagi tubuh, yaitu kunyit hitam.

Kunyit hitam banyak ditemukan di India. Hampir serupa dengan kunyit kuning, kunyit hitam juga digunakan dalam bentuk rempah hingga bubuk.

Nah, tidak ada salahnya menyimak berbagai mengenai manfaat kunyit hitam bagi kesehatan tubuh berikut ini!

Manfaat Kunyit Hitam bagi Tubuh

Curcuma caesia atau yang dikenal sebagai kunyit hitam nyatanya memiliki beragam manfaat bagi kesehatan tubuh. Sesuai dengan namanya, kunyit hitam memiliki warna hitam, coklat gelap, atau kebiruan pada bagian dalamnya.

Meskipun warnanya berbeda dengan kunyit kuning, kunyit hitam memiliki ukuran dan bentuk yang hampir serupa dengan kunyit kuning. Kebanyakan kunyit hitam memiliki diameter sebesar 2 hingga 6 sentimeter.

Di negara asalnya, India, kunyit hitam sudah lama dikenal sebagai salah satu tanaman herbal yang memiliki banyak manfaat. Biasanya, kunyit hitam digunakan dalam bentuk rempah dan bubuk kunyit hitam.

Banyak masyarakat yang mengatakan bahwa kunyit hitam memiliki rasa yang sedikit pahit dan sedikit pedas. Namun, di balik itu, kunyit hitam menyimpan kandungan curcumin yang cukup tinggi.

Baca Juga :  Ketahui Beberapa Tips Menjaga Kesehatan THT

Selain itu, kunyit hitam juga memiliki kandungan antioksidan yang sangat tinggi dan sifat anti inflamasi yang baik untuk kesehatan.

Untuk itu, tidak ada salahnya simak berbagai manfaat kunyit hitam bagi kesehatan, seperti :

1. Meningkatkan Kesehatan Paru-Paru

Kunyit hitam menjadi salah satu rempah yang bisa meningkatkan kesehatan paru-paru dan menurunkan risiko penyakit asma, pneumonia, hingga bronchitis.

Hal ini terjadi karena senyawa yang ada di dalam kunyit hitam tidak menyebabkan perubahan atau gangguan pada kandungan obat yang dikonsumsi sebagai pengobatan penyakit paru.

2. Mengatasi Leukoderma

Leukoderma adalah kondisi ketika muncul tanda klinis pada kulit berupa perubahan warna kulit menjadi putih dan berselaput.

Kondisi ini biasanya terjadi akibat adanya gangguan kesehatan pada kulit, seperti vitiligo hingga lichen sclerosus.

Kamu bisa mengoleskan kunyit hitam pada bagian yang mengalami leukoderma. Selain itu, beberapa krim yang dijual bebas banyak yang mengandung kunyit hitam di dalamnya.

3. Mengurangi Nyeri

Kunyit hitam menjadi salah satu herbal yang bisa mengurangi nyeri akibat sakit gigi, ruam, hingga gangguan perut.

Tidak ada salahnya untuk bertanya langsung pada dokter mengenai dosis yang tepat dalam menggunakan herbal sebagai salah satu pengobatan untuk mengatasi nyeri yang dialami.

4. Mencegah Penyakit Kanker

Kandungan antioksidan pada kunyit hitam membuat tanaman herbal ini mampu mencegah paparan radikal bebas dalam tubuh.

Baca Juga :  5 Bahaya Minuman Manis terhadap Kesehatan

Radikal bebas dapat memicu pertumbuhan sel abnormal yang menyebabkan penyakit kanker. Untuk itu, tidak ada salahnya mencoba mengonsumsi kunyit hitam sebagai salah satu tanaman herbal yang bisa mencegah kamu dari berbagai gangguan kesehatan.

Itulah manfaat kunyit hitam yang perlu diketahui. Namun ingat, kunyit hitam dan tanaman herbal lainnya bukanlah menjadi satu-satunya cara utama yang bisa dilakukan untuk menjaga kesehatan.

Kamu perlu mengonsumsi berbagai makanan sehat, memenuhi kebutuhan istirahat yang cukup, serta berolahraga secara rutin.

Selain itu, pastikan kamu selalu mengikuti saran dan anjuran dokter khususnya saat mengonsumsi obat-obatan agar gangguan kesehatan yang kamu alami dapat segera membaik.

 

Ditinjau oleh: dr. Fadhli Rizal Makarim

Source : halodoc.com

Artikel anda ingin di muat di dailyhospital.id? Silahkan Register disini atau hubungi : halo@medicaltourism.id  untuk kerjasama & partnership

Related Articles

Responses

Your email address will not be published. Required fields are marked *