Timun Pengontrol Tekanan Darah

Timun merupakan salah satu buah yang sudah terkenal dikalangan masyarakat Indonesia, biasa disajikan sebagai lalapan, kemudian dijadikan acar, hingga menjadi minuman yang menyegarkan.

Selain hanya disajikan sebagai menu pendamping buah ini ini ternyata memiliki segudang manfaat bagi tubuh kita, mulai dari kemampuannya untuk mengatasi berbagai penyakit.

Selain itu timun berkhasiat untuk kecantikan berkat kandungan Vitamin A dan Vitamin C nya yang berperan sebagai antioksidan yang mampu menjaga kesehatan kulit. Penasaran apa saja manfaat timun lainnya?

Yuk simak beberapa manfaat dari timun ini :

1. Mencegah Dehidrasi

Air memiliki peran penting untuk fungsi tubuh, sehingga pastikan cairan di dalam tubuh tetap terpenuhi agar tehindar dari dehidrasi. Hal ini dapat memengaruhi fungsi kerja tubuh hingga sistem metabolisme.

Kamu bisa mulai rajin mengonsumsi buah-buahan dan sayuran untuk menjadi sumber air bagi tubuh.

Mengonsumsi mentimun yang memiliki kandungan air hingga 96%, yang sangat efektif dalam meningkatkan hidrasi dan dapat membantu memenuhi kebutuhan cairan harian tubuh.

2. Kaya Antioksidan

Salah satu dampak buruk dari terpapar radikal bebas adalah dapat menyebabkan stres oksidatif, yang dapat menyebabkan penyakit jantung, kanker, autoimun, dan penyakit paru-paru.

Mentimun yang sangat kaya akan antioksidan bermanfaat untuk mengurangi kondisi tersebut.

Antioksidan mentimun mengandung flavonoid dan tanin yang mana merupakan dua senyawa yang sangat efektif dalam memblokir radikal bebas yang berbahaya.

Baca Juga :  Ketahui Penyebab Gigi Berlubang dan Cara Mencegahnya

3. Menurunkan Berat Badan

Khasiat mentimun berikutnya adalah berpontesi membantu menurunkan berat badan, karena mentimun mengandung rendah kalori.

Hal ini berarti kamu dapat mengonsumsi mentimun tanpa khawatir akan berdampak pada penambahan berat badan.

Kamu bisa mengonsumsi dalam bentuk salad, sandwich, atau makanan pendamping pada beberapa menu makanan. Selain itu, kandungan air yang tinggi dapat membantu menurunkan berat badan yang signifikan.

4. Mengontrol Kadar Gula Darah

Berdasarkan beberapa studi menjelaskan bahwa mentimun terbukti efektif dapat menurunkan kadar gula darah dan mencegah komplikasi diabetes.

Konsumsi mentimun sebagai minuman jus dapat membantu meningkatkan hormon khusus yang diperlukan oleh pankreas dalam memproduksi insulin.

5. Melancarkan Sistem Pencernaan

Salah satu faktor penyebab sembelit adalah karena kurangnya cairan di dalam tubuh atau dehidrasi. Makan mentimun dapat membantu memperlancar buang air besar, sehingga akan terhindar dari penyakit sembelit.

Selain itu, mentimun mengandung serat yang dapat membantu mengatur pergerakan usus. Jenis serat yang terdapat pada mentimun adalah pektin.

Pektin sendiri merupakan jenis serat larut yang dapat membantu meningkatkan frekuensi buang air besar dan menyehatkan sistem pencernaan.

Artikel anda ingin di muat di dailyhospital.id? Silahkan Register disini atau hubungi : halo@medicaltourism.id  untuk kerjasama & partnership

Related Articles

Responses

Your email address will not be published. Required fields are marked *