Olahraga Hoki Ternyata Memiliki Manfaat yang Baik untuk Kesehatan Tubuh

“Di Indonesia, olahraga hoki memang tidak sepopuler sepak bola atau badminton. Namun, tak kalah dengan jenis olahraga lainnya, olahraga hoki juga menyimpan sejumlah manfaat bagi kesehatan. Olahraga ini dipercaya dapat meningkatkan suasana hati hingga menyehatkan jantung.”

Olahraga hoki merupakan salah satu jenis olahraga kardio yang menggunakan alat pemukul (stick) dan bola khusus. Olahraga ini dapat dimainkan di lapangan atau di atas permukaan es (ice hockey).

Manfaat Olahraga Hoki untuk Kesehatan

Meski tidak setenar sepak bola, manfaat olahraga hoki tidak kalah penting dibandingkan dengan jenis olahraga kardio lainnya. Berikut ini adalah beberapa manfaat olahraga hoki untuk kesehatan:

1. Mendukung kesehatan jantung

Olahraga hoki diduga dapat menurunkan tekanan darah, melancarkan aliran darah, dan membuat jantung mampu memompa lebih banyak darah ke seluruh tubuh.

Hal ini membuat olahraga hoki dipercaya baik untuk kesehatan jantung dan pembuluh darah.

2. Meningkatkan kekuatan otot kaki dan lengan

Gerakan yang paling dominan dilakukan dalam olahraga hoki adalah berlari sambil memegang stick kuat-kuat untuk menggiring dan memukul bola dengan kencang.

Gerakan-gerakan dalam olahraga hoki tersebut dapat menunjang kekuatan otot kaki, lengan, dan perut.

3. Meningkatkan sistem kekebalan tubuh

Sebuah penelitian menunjukkan bahwa olahraga kardio, termasuk olahraga hoki, bermanfaat dalam meningkatkan sistem kekebalan tubuh.

4. Mengendalikan berat badan

Olahraga hoki termasuk olahraga berintensitas tinggi, sehingga efektif untuk membakar kalori dan mengurangi berat badan.

Baca Juga :  Kebocoran Cairan Otak, Disebabkan Hidung Meler Seperti Pilek

Jumlah kalori yang terbakar saat melakukan olahraga hoki adalah 472–563 kalori per jam pada orang dengan berat badan sekitar 59–70 kilogram.

5. Menurunkan stres dan meningkatkan mood

Olahraga kardio seperti olahraga hoki juga bisa membuat tubuh menjadi lebih rileks dan tenang.  Hal ini karena olahraga kardio dapat melepaskan hormon endorfin yang bisa mengurangi stres,  meningkatkan moodbahkan meningkatkan kualitas tidur Anda.

Tips Mencegah Risiko Cedera saat Bermain Hoki

Pada dasarnya, semua jenis olahraga berisiko menyebabkan cedera, termasuk olahraga hoki. Risiko terkena cedera saat melakukan olahraga hoki bisa didapat karena adanya kontak fisik atau benturan dengan lawan.

Beberapa cedera yang umum terjadi ketika melakukan olahraga ini adalah memar, luka, hingga robekan tendon. Untuk mengurangi risiko terkena cedera saat melakukan olahraga hoki, berikut adalah beberapa tips bisa Anda lakukan :

  • Menggunakan alat pelindung lengkap sesuai ketentuan oalhraga hoki, seperti helm, mouth guard, sarung tangan, hingga pelindung siku dan tulang kering;
  • Menggunakan sepatu yang pas dan sesuai dengan ketentuan olahraga hoki;
  • Memastikan semua peralatan yang digunakan, seperti alat pelindung dan stick, telah sesuai standar dan dalam kondisi baik;
  • Melakukan pemanasan dan pendinginan dengan baik sebelum dan setelah bermain hoki;
  • Mengikuti peraturan olahraga hoki dengan baik;
  • Tidak memaksa bermain jika Anda merasakan nyeri di bagian tubuh tertentu atau mengalami cedera.
Baca Juga :  5 Bahaya Pengidap Binge Eating Disorder

Selama olahraga hoki dilakukan sesuai dengan petunjuk dan peraturannya, Anda bisa mengambil manfaat dari olahraga ini dan terhindar dari risiko terkena cedera.

Jika Anda ingin mencoba olahraga hoki, Anda dapat mengikuti klub atau komunitas hoki guna mendapatkan lebih banyak informasi dan petunjuk bermain hoki dengan benar.

Tak hanya itu, jika Anda menderita kondisi medis tertentu, sebaiknya konsultasikan terlebih dahulu dengan dokter sebelum memulai olahraga hoki. Dokter dapat menyarankan jenis olahraga yang sesuai dengan kondisi Anda.

Artikel anda ingin di muat di dailyhospital.id? Silahkan Register disini atau hubungi : halo@medicaltourism.id  untuk kerjasama & partnership

Related Articles

Responses

Your email address will not be published. Required fields are marked *