Cek Suhu Termometer di Tangan, Dahi, dan Ketiak. Mana yang Lebih Akurat?

Mengukur suhu tubuh dengan termometer sering kali dilakukan di dahi, tangan, dan ketiak. Dari ketiga area tersebut, sebenarnya mana yang paling akurat?

Penggunaan termometer saat ini sangat masif, terutama semenjak pandemi virus corona terjadi. Area dahi dan tangan kerap menjadi bagian tubuh untuk mengecek suhu oleh termometer khususnya berjenis thermo gun.

Cara tersebut dianggap lebih praktis dan cepat untuk mengetahui hasilnya. Namun, tak hanya dahi dan tangan, ketiak pun kerap jadi tempat untuk mengukur suhu tubuh.

Sebenarnya, cek suhu tubuh paling akurat di bagian mana? Dahi, tangan, atau ketiak? Untuk mengetahui fakta medisnya dan cara menggunakan termometer yang benar, simak penjelasan lengkap di bawah ini.

Cara Menggunakan Termometer yang Terbaik Menurut Medis

Pertama, ketahui bahwa sekarang yang digunakan adalah termometer digital. Sebab, termometer air raksa (bermerkuri cair) sudah dilarang penggunaannya.

Nah, sebelum mengetahui perbandingan akurasi dari area tubuh dalam pengecekan suhu, kamu perlu memahami penggunaan termometer itu sendiri dalam dunia medis.

Pada dasarnya, termometer digital dapat digunakan dengan tiga cara berbeda, yaitu:

1. Mulut

Termometer diletakkan di bawah lidah. Metode ini digunakan untuk orang dewasa dan anak-anak berusia empat tahun ke atas yang dapat memegang termometer di mulut.

2. Rektal

Untuk metode ini, termometer dimasukkan dengan hati-hati ke rektum (lubang anus). Cara ini biasanya banyak dilakukan pada bayi, tetapi dapat pula digunakan pada anak-anak hingga usia tiga tahun.

Baca Juga :  Obat sakit kepala untuk anak yang di rekomendasikan dokter

3. Ketiak

Cara ini sangat mudah, cukup menempatkan termometer di ketiak. Meski cepat, metode ini tidak seakurat pengecekan suhu secara oral atau di rektal. Ternyata termometer digital merupakan salah satu pilihan termometer yang cukup akurat untuk mendeteksi suhu.

Berdasarkan beberapa penelitian, termometer digital memiliki akurasi yang baik dibandingkan dengan termometer air raksa.

Mana Area Tubuh yang Tunjukkan Hasil Paling Akurat?

Tingkat akurasi pengukuran suhu di dahi, tangan, dan ketiak, nyatanya tidak lebih baik dari pengukuran melalui rektal. Karena itu, cara pengukuran suhu tubuh paling akurat adalah lewat rektal. Sampai usia tiga tahun, pengukuran disarankan melalui rektal, sementara usia empat tahun ke atas biasanya secara oral.

Penggunaan termometer di rektal harus diperhatikan dengan benar. Sebab, praktik yang keliru justru bisa merugikan.  Sebelum penggunaan, bersihkan dulu sesuai anjuran dan setelah penggunaan juga dibersihkan kembali.

Untuk setiap produk termometer, ikuti petunjuk penggunaannya sehingga menghasilkan angka yang akurat. Itulah beberapa hal yang perlu kamu pahami mengenai area atau tempat mengukur suhu tubuh yang paling akurat.

Gunakanlah termometer dengan benar agar dapat menunjukkan hasil yang tepat.

 

Source : klikdokter.com

Artikel anda ingin di muat di dailyhospital.id? Silahkan Register disini atau hubungi : halo@medicaltourism.id  untuk kerjasama & partnership

Related Articles

Responses

Your email address will not be published. Required fields are marked *