Manfaat yang Diperoleh Setelah Mengonsumsi Jus Stroberi

“Rasanya yang asam tak membuat buah stroberi sepi peminat. Justru, kamu bisa dapat banyak manfaat saat mengonsumsi jus stroberi, mulai dari menjaga jantung tetap sehat hingga menurunkan risiko terserang kanker.”

Konsumsi buah secara rutin membantu memenuhi nutrisi harian tubuh. Sebab, buah-buahan mengandung vitamin dan mineral penting yang pastinya sangat bermanfaat. Salah satunya adalah buah stroberi (strawberry).

Buah satu ini memiliki ukuran kecil, warna merah dengan bintik putih dan tangkai mahkota berwarna hijau. Rasanya manis dan asam, begitu segar di mulut.

Kalau bicara kandungannya, buah satu ini kaya akan kalium, folat, zat besi, vitamin C, magnesium, dan antioksidan.

Manfaat Konsumsi Jus Stroberi untuk Tubuh

Tak berbeda dengan buah lainnya, konsumsi jus stroberi juga banyak sekali manfaatnya untuk tubuh. Tentunya kalau konsumsinya tidak disertai dengan perasa, pengawet, maupun pemanis buatan. Berikut beberapa manfaatnya:

1. Menjaga Jantung Tetap Sehat

Mengonsumsi buah maupun jus stroberi ternyata membantu menjaga kesehatan organ jantung. Konsumsi buah satu ini juga membantu mengurangi risiko kolesterol tinggi, hipertensi, hingga peradangan yang terjadi pada pembuluh darah.

Semuanya mengarah pada risiko stroke dan masalah kesehatan jantung.  Khasiat ini karena kandungan kalium dan antosianin yang berperan sebagai antioksidan pada buah strawberry.

2. Meningkatkan Imunitas Tubuh

Konsumsi buah strawberry setiap hari sebanyak 150 gram saja sudah cukup untuk memenuhi kebutuhan vitamin C harian yang dibutuhkan tubuh, lho!

Dengan terpenuhinya asupan vitamin C, efeknya adalah sistem imunitas tubuh yang turut meningkat.

Baca Juga :  5 Manfaat Edukasi Kesehatan Reproduksi bagi Remaja

Konsumsi buah strawberry secara rutin akan semakin meningkatkan kerja sistem kekebalan tubuh. Alhasil, tubuh kamu senantiasa sehat dan lebih cepat sembuh saat terinfeksi penyakit tertentu.

3. Mencegah Munculnya Tanda Penuaan Dini

Manfaat lain dari konsumsi jus stroberi adalah membantu mencegah munculnya tanda penuaan dini. Kandungan asam elagik dan vitamin C pada buah satu ini diyakini efektif untuk menunjang kesehatan kulit.

Kedua senyawa tersebut bekerja aktif untuk melawan efek radikal bebas yang dapat memicu kerusakan kolagen.

Perlu diketahui bahwa kerusakan kolagen akan berdampak pada munculnya tanda penuaan pada kulit, seperti kerutan, garis halus, dan flek hitam.

Selain mengonsumsi sebagai jus, kamu juga bisa menjadikan buah strawberry sebagai bahan alami untuk membuat masker wajah.

Tambahkan dengan madu lalu oleskan secara merata pada kulit. Diamkan selama kurang lebih 8 sampai 10 menit, lalu bilas wajah dengan menggunakan air hangat.

4. Mencegah Risiko Terserang Katarak

Efek baik lain dari buah strawberry adalah mendukung mata lebih sehat sekaligus mengurangi risiko katarak dan penyakit yang terjadi karena degenerasi makula.

Lagi-lagi, ini karena kandungan vitamin C pada buah strawberry. Tak hanya memerangi radikal bebas, kandungan tersebut juga mendukung produksi kolagen yang menjadi senyawa pembentuk struktur kornea mata.

5. Mengurangi Risiko Kanker

Selain baik untuk meningkatkan kesehatan jantung, mata, dan imunitas tubuh, kandungan vitamin C dan antioksidan pada buah strawberry juga efektif untuk mengurangi risiko pertumbuhan sel kanker pada tubuh.

Baca Juga :  National Hospital Surabaya Sudah Membuka Layanan Epilepsy Center dan Long Term Video EEG Unit

Akan tetapi, pastinya hal ini bisa didapat dengan dibarengi pola hidup dan pola makan yang seimbang. Supaya mendapatkan manfaat yang lebih optimal, sebaiknya kamu membuat jus stroberi sendiri.

Kalau harus membeli jus buah yang sudah tersedia dalam kemasan, pastikan tidak terdapat tambahan pengawet, perasa, atau pemanis buatan. Sebab, hal tersebut justru membuat manfaat buah strawberry jadi menurun.

Artikel anda ingin di muat di dailyhospital.id? Silahkan Register disini atau hubungi : halo@medicaltourism.id  untuk kerjasama & partnership

Related Articles

Responses

Your email address will not be published. Required fields are marked *