Bahan Alami yang Dapat Digunakan untuk Hilangkan Komedo Putih

“Sama seperti jerawat, whiteheads atau komedo putih juga disebabkan oleh minyak, sel-sel kulit mati, dan bakteri yang menyumbat pori-pori. Kabar baiknya, jenis komedo tersebut bisa dihilangkan dengan menggunakan beberapa bahan alami.”

Apabila kamu melihat terdapat benjolan warna putih yang berada di bawah lapisan tipis kulit, bisa jadi itu adalah whiteheads atau komedo putih. Sama seperti jerawat, whiteheads juga terbentuk dari pori – pori yang tersumbat oleh minyak, sel – sel kulit mati, dan bakteri.

Meskipun bersifat non-inflamasi, kemunculan benjolan putih ini tentu bisa mengganggu penampilan. Namun, kamu tidak perlu khawatir karena whiteheads dapat dihilangkan dengan menggunakan beberapa bahan alami.

Bahan-bahan Alami yang Bisa Menghilangkan Whiteheads

Whiteheads bisa muncul di bagian tubuh. Hidung, dagu, dan dahi (T-zone) merupakan bagian wajah yang sangat berminyak, sehingga lebih sering mengalami munculnya komedo putih. Selain itu, jenis jerawat tersebut juga bisa berkembang di punggung, bahu, lengan, dan dada.

Karena tertutup oleh lapisan kulit, mengeluarkan whiteheads mungkin sedikit lebih sulit daripada jerawat. Namun, beberapa bahan alami bisa menghilangkan perkembangannya secara efektif. Berikut bahan-bahan alami yang bisa digunakan untuk menghilangkan komedo putih :

1. Uap Wajah

Uap panas bisa membuka pori-pori, sehingga bisa mengeluarkan bakteri dan kuman yang menjadi penyebab whiteheads.

Cara menggunakan uap panas untuk menghilangkan whitehead, dengan menuangkan air panas pada wadah, seperti baskom atau mangkuk. Kemudian letakkan area kulit yang terkena di atas mangkuk tersebut selama beberapa menit.

Baca Juga :  Berikut Merupakan Cara Agar Rambut Kamu Tidak Mudah Rontok

2. Cuka Sari Apel

Menurut sebuah studi tahun 2019, cuka sari apel memiliki sifat antibakteri, antiinflamasi, dan antimikroba. Bahan alami ini juga mengandung asam asetat antimikroba yang bisa mengurangi bakteri pada kulit dan sebagai hasilnya, bisa membantu menghilangkan komedo putih.

3. Jus Lemon

Jus lemon bersifat asam, sehingga bisa menghilangkan minyak berlebih pada kulit. Namun, manfaat jus lemon untuk menghilangkan whiteheads masih perlu penelitian yang lebih banyak.

Selain itu, bahan alami yang asam ini mungkin tidak cocok bila diaplikasikan pada kulit sensitif. Kamu bisa bertanya terlebih dahulu dengan dokter kulit apakah jus lemon cocok untuk kulit wajahmu.

Untuk menghilangkan komedo putih, kamu bisa membasahi kapas dengan jus lemon murni atau yang sudah diencerkan dengan air. Kemudian, letakkan pada area kulit yang memiliki whiteheads selama beberapa waktu.

4. Minyak Esensial Tea Tree

Minyak tea tree merupakan antiseptik yang bisa mengurangi jumlah bakteri penyebab whiteheads. Sekarang ini sudah banyak sabun pembersih wajah dan toner yang mengandung bahan alami ini.

Kamu bisa mengoleskan minyak tea tree secara langsung ke kulit yang terkena dengan menggunakan jari, atau kapas yang bersih untuk menghilangkan whiteheads.

Namun, bila penggunaan minyak tea tree menyebabkan reaksi tertentu pada kulitmu atau komedo putih semakin parah, segera hentikan penggunaannya.

5. Madu

Sebuah penelitian tahun 2019 menemukan bahwa madu memiliki sifat antibakteri yang kuat, yang diperkirakan berasal dari keasaman ringan dan kandungan hidrogen peroksida alami.

Baca Juga :  4 Manfaat Buah Aprikot yang Baik untuk Kesehatan Kulit

Selain itu, berkat teksturnya yang kental, madu juga bisa menjadi pelindung pada kulit dan mencegah infeksi. Sebuah studi tahun 2016 juga menyebutkan bahwa madu dapat bekerja melawan mikroba tertentu yang berperan dalam kemunculan jerawat, termasuk whiteheads.

Kamu bisa menggunakan madu dengan menjadikannya masker atau mengoleskan sedikit madu pada whiteheads. Caranya dengan mencampur madu dengan jus lemon, lalu mengoleskannya pada wajah dan bilas setelah 15 menit.

Itulah beberapa bahan alami yang bisa membantu menghilangkan whitehead. Bila kamu mengalami masalah kulit yang cukup parah dan mengganggu, sebaiknya temui dokter untuk mendapatkan pengobatan yang tepat.

Artikel anda ingin di muat di dailyhospital.id? Silahkan Register disini atau hubungi : halo@medicaltourism.id  untuk kerjasama & partnership

Related Articles

Responses

Your email address will not be published. Required fields are marked *