Penyakit Rematik Ternyata Bisa Menyerang Otak dan Jantung

Rematik merupakan salah satu penyakit yang sering terjadi di kalangan masyarakat yang identik dengan rasa nyeri pada otot dan tulang.

Faktanya, penyakit rematik tidak hanya menyerang otot dan tulang saja, melainkan berbagai bagian tubuh lainnya seperti sendi, tendon, dan ligamen.

Selain itu, penyakit rematik dapat menimbulkan efek nyeri ke seluruh tubuh (sistemik). Kebanyakan kaum awam hanya mengenal sebatas rematik.

Namun, tahukah Anda jika rematik memiliki berbagai jenis sebutan sesuai area tubuh yang diserang?

Jenis-Jenis Penyakit Rematik

Dari penjelasan sebelumnya, kita ketahui bahwa penyakit rematik ini bisa juga menyerang bagian tubuh selain otot dan tulang. Berikut adalah beberapa jenis penyakit rematik yang dapat terjadi pada seseorang:

1. Rheumatoid Arthritis

Bentuk kelainan autoimun yaitu sistem kekebalan tubuh dengan keliru menyerang sinovium yang merupakan jaringan lunak pelapis sendi sehingga mengakibatkan terjadinya peradangan.

2. Gout

Jenis artritis dimana kristal asam urat yang menyerupai jarum mengendap ke bagian persendian (paling sering terjadi pada jempol kaki).

3. Artritis Idiopatik

Rematik yang umumnya menyerang anak-anak serta dapat menimbulkan demam dan ruam.

4. Artritis Psoriatik

Jenis artritis yang dapat memengaruhi jari tangan dan kaki, serta berhubungan dengan penyakit kulit seperti psoriasis.

5. Osteoartritis

Jenis artritis yang paling banyak terjadi dan umumnya menyerang serta menghancurkan tulang rawan. Selain itu, dapat juga menyerang jaringan lunak yang melindungi ujung tulang pada persendian.

Baca Juga :  5 Bahaya Vertigo yang Bisa Mengancam Nyawa

Osteoartritis kebanyakan menyerang orang yang sudah dewasa atau yang lebih tua dibandingkan dengan orang-orang yang masih muda.

6. Fibromialgia

Salah satu kondisi kronis yang ditandai dengan adanya titik nyeri dan nyeri lokal pada seluruh sistem muskuloskeletal.

7. Lupus Eritematosus Sistemik

Suatu kelainan autoimun yang mengakibatkan peradangan pada berbagai bagian tubuh seperti persendian, kulit, ginjal, darah, paru-paru, jantung, dan otak.

8. Polimiositis

Gangguan pada otot dan bisa juga memengaruhi seluruh tubuh.

Dari beberapa jenis penyakit rematik tersebut, kita bisa melihat bahwa penyakit rematik tidak hanya menyerang otot dan tulang saja, melainkan bisa menyerang bagian tubuh lainnya bahkan hingga ke otak.

Penyebab Sakit Rematik

Pada umumnya penyakit ini disebabkan oleh adanya kombinasi faktor gen serta faktor lingkungan. Jika seseorang memiliki suatu varian gen tertentu, kerentanan seseorang terhadap penyakit rematik dapat meningkat.

Sebagai contoh, jika seseorang mempunyai bentuk variasi tertentu dari gen antigen leukosit (HLA) yang membantu mengontrol respons kekebalan tubuh, maka orang tersebut memiliki risiko lebih tinggi terkena rheumatoid arthritis, terutama dengan adanya berbagai jenis pemicu seperti lonjakan hormon, infeksi bakteri dan virus, serta obesitas.

Penyakit rematik yang menyerang beberapa bagian tubuh seperti persendian, otot, dan tulang dapat mengakibatkan ketidaknyamanan dan keterbatasan gerak.

Contoh lainnya adalah karena lemahnya tulang rawan yang dikombinasikan dengan tingkat stres sendi yang berlebihan, maka terjadilah penyakit osteoartritis.

Baca Juga :  Kenali Obat Saraf Kejepit Dapat Meringankan Rasa Sakit

Beberapa hal lain yang bisa menjadi faktor pemicu seseorang menderita penyakit rematik adalah obesitas dan merokok.

Penyakit rheumatoid arthritisscleroderma, fibromialgia, dan lupus lebih sering menyerang wanita dibandingkan pria.

Tidak hanya itu, makanan juga menjadi salah satu faktor besar yang bisa mengakibatkan seseorang terkena penyakit rematik seperti asam urat.

Apabila Anda mengalami salah satu gejala penyakit rematik di atas, segeralah berkonsultasi ke dokter ahli untuk mendapatkan penanganan tepat.

 

Artikel ini telah ditinjau oleh:
Ketherine, Sp.PD
Dokter Spesialis Penyakit Dalam
Siloam Sriwijaya Palembang

 

Artikel anda ingin di muat di dailyhospital.id? Silahkan Register disini atau hubungi : halo@medicaltourism.id  untuk kerjasama & partnership

Related Articles

Responses

Your email address will not be published. Required fields are marked *