Buah Naga Dapat Atasi Hipertensi

Ternyata tidak hanya untuk melancarkan pencernaan, tetapi buah naga juga dapat digunakan untuk menurunkan hipertensi. Yuk simak ulasannya dibawah ini!

Hipertensi atau disebut dengan tekanan darah tinggi merupakan suatu kondisi dimana tekanan darah berada di atas nilai normal, yaitu lebih dari 140/90 mmHg. Akibat dari tekanan tinggi tersebut, membuat jantung harus bekerja lebih keras untuk memompa darah ke seluruh tubuh.

Bila hipertensi tidak terkontrol bisa jadi mengakibatkan berbagai komplikasi, seperti serangan jantung, stroke, kerusakan ginjal, dan masalah pembuluh darah lainnya.

Gimana sih cara mengobati hipertensi? Hipertensi dapat diobati dengan perubahan pola hidup dan konsumsi obat – obatan. Obat hipertensi pun tentunya juga harus dengan anjuran dokter. Selain konsumsi obat, penderita hipertensi juga harus banyak mengonsumsi buah, salah satunya adalah buah naga.

Manfaat Buah Naga untuk Penderita Hipertensi

Berikut beberapa khasiat buah naga untuk menurunkan darah tinggi :

1. Tinggi Vitamin dan Mineral

Selain rasanya yang segar, buah naga juga kaya akan protein, karbohidrat, tinggi vitamin C, B1, dan riboflavin. Berbagai mineral seperti besi, kalsium, dan fosfor yang ada di dalam buah naga juga tidak kalah penting.

Vitamin dan mineral sangat penting untuk menjaga kesehatan tubuh, salah satunya kesehatan jantung dan pembuluh darah. Maka dari itu, rutinlah makan buah naga untuk membantu menurunkan hipertensi.

Baca Juga :  Apa Sih Bedanya Hipertensi Primer dan Hipertensi Sekunder?

2. Menjaga Kelenturan Pembuluh Darah

Kandungan vitamin C yang tinggi di dalam buah naga dapat membantu untuk menjaga pembuluh darah agar tetap sehat dan lentur. Manfaat ini berguna untuk mencegah tekanan darah tinggi. Bagi Anda yang sudah memiliki hipertensi, konsumsilah buah naga untuk menjaga tekanan darah supaya tetap stabil.

3. Mencegah Kerusakan Pembuluh Darah

Buah naga ternyata juga mengandung antioksidan yang tinggi, seperti flavonoid dan fitoalbumin. Antioksidan tersebut berfungsi untuk menangkal radikal bebas dari udara atau makanan yang tercemar polusi. Pasalnya, kedua hal tersebut dapat berpotensi untuk merusak pembuluh darah.

4. Sumber Lemak Sehat

Buah naga mengandung asam lemak tak jenuh yang baik untuk tubuh, terutama untuk kesehatan jantung. Makan buah naga dapat mencegah terjadinya sumbatan pembulih darah akibat timbunan lemak dan menjaga kadar kolesterol supaya tetap normal.

5. Kaya Serat

Buah naga memiliki serat yang tinggi. Nutrisi ini sangat baik untuk pencernaan dan mencegah penderita hipertensi mengonsumsi makanan yang kurang sehat.

Artikel anda ingin di muat di dailyhospital.id? Silahkan Register disini atau hubungi : halo@medicaltourism.id  untuk kerjasama & partnership

Related Articles

Responses

Your email address will not be published. Required fields are marked *