Olahraga yang Dapat Dilakukan Penderita Asam Urat

Memiliki asam urat tidak jadi penghalang untuk olahraga. Olahraga apa aja sih yang boleh dilakukan untuk penderita asam urat? Yuk simak olahraga – olahraga yang baik dilakukan oleh penderita asam urat.

Bagi Anda yang memiliki asam urat, olahraga tetap harus dilakukan supaya tidak bertambah parah. Melakukan aktivitas fisik dapat mengurangi nyeri asam urat yang diderita. Selain itu, olahraga yang dibarengi dengan diet sehat dapat membantu menurunkan dan mempertahankan berat badan ideal.

Apabila memiliki asam urat namun tidak berolahraga, sendi – sendi yang tidak digerakkan akan menjadi lebih kaku dan otot akan menjadi lebih lemah. Oleh karena itu, memilih jenis olahraga yang cocok untuk penderita asam urat itu sangat penting.

Olahraga untuk Penderita Asam Urat

Olahraga yang berat tidak disarankan untuk penderita asam urat karena berisiko memicu dehidrasi dan meningkatkan asam urat dalam darah. Berikut adalah beberapa jenis olahraga yang baik untuk penderita asam urat :

1. Senam Ringan

Melakukan senam ringan sangat disarankan untuk penderita asam urat. Senam ringan ini dilakukan untuk menjaga agar sendi fleksibel dan mudah bergerak. Hal ini bermanfaat untuk mengurangi kekakuan.

Latihan senam yang baik untuk kaki adalah dengan memutar pergelangan kaki dalam gerakan melingkar. Latihan lainnya termasuk memutar kepala dan leher, pergelangan kaki, atau pergelangan tangan.

Baca Juga :  5 Manfaat Edukasi Kesehatan Reproduksi bagi Remaja

2. Yoga

Yoga merupakan salah satu olahraga yang sangat bermanfaat untuk penderita asam urat. Gerakan yoga dapat membantu untuk meningkatkan kekuatan otot dan kelenturan tubuh. Selain itu, yoga dapat mengelola pikiran menjadi lebih tenang dan memungkinkan untuk tidur lebih nyenyak.

3. Berenang

Berenang adalah aktivitas fisik yang bisa dipilih untuk penderita asam urat. Olahraga air ini memiliki banyak manfaat salah satunya yaitu mengurangi nyeri asam urat dan memulihkan fungsi sendi.

4. Bersepeda

Bersepeda merupakan salah satu olahraga yang baik untuk penderita asam urat juga. Aktivitas fisik ini memiliki manfaat yang sama dengan olahraga lain yaitu membantu menguatkan sendi – sendi.

5. Jalan Kaki

Jalan kaki merupakan pilihan olahraga yang mudah untuk dilakukan. Bagi penderita asam urat, aktivitas fisik ini memiliki manfaat seperti membakar kalori, menjaga kebugaran tubuh, serta menguatkan otot – otot tubuh. Saat melakukan olahraga jalan kaki, pastikan menggunakan alas kaki yang nyaman.

6. Naik Turun Tangga

Naik turun tangga dapat menjadi olahraga untuk asam urat yang tergolong mudah untuk dilakukan. Selain bisa langsung dikerjakan di dalam rumah, aktivitas ini merupakan jenis olahraga yang tidak memerlukan peralatan. Anda bisa melakukan aktivitas ini kurang lebih 10 – 15 menit untuk menguatkan persendian.

Artikel anda ingin di muat di dailyhospital.id? Silahkan Register disini atau hubungi : halo@medicaltourism.id  untuk kerjasama & partnership

Related Articles

Responses

Your email address will not be published. Required fields are marked *