Ketahui Seputar Manfaat dan Persiapan Medical Check-Up

Manfaat dan Persiapan Medical Check Up

Sahabat MIKA pasti tidak asing dengan istilah MCU, bukan?

Dalam dunia kesehatan, MCU merupakan singkatan dari Medical Check UpMedical Check Up adalah sebuah prosedur yang ditujukan untuk mengetahui kondisi kesehatan secara menyeluruh.

Tujuan Medical Check Up biasanya untuk evaluasi kesehatan agar bisa mencegah penyakit sedari dini sebelum bertambah parah. Selain itu, MCU dimanfaatkan untuk keperluan tertentu, misalnya melamar kerja di perusahaan, agar dapat dinilai kesehatan fisik dan organ dalam yang dikaitkan dengan aktivitas kerja nantinya.

MCU sering disepelekan oleh banyak orang, khususnya dewasa muda, karena mereka merasa belum ada terserang penyakit serius atau belum ada gejala parah yang mengindikasi tubuh.

Agar lebih tahu pentingnya screening kesehatan melalui Medical Check Up, yuk simak informasi selengkapnya!



Manfaat Medical Check Up untuk kesehatan

Pemeriksaan menyeluruh dengan Medical Check Up (MCU) bisa dilakukan mulai dari remaja usia 18 tahun hingga dewasa. American Medical Association merekomendasikan Anda untuk MCU rutin minimal 1 tahun sekali.

Biasanya, MCU dilakukan oleh pasien berusia 40 tahun ke atas karena memiliki gejala penyakit yang serius, seperti diabetes. Akan tetapi, MCU tetap dianjurkan bagi Sahabat MIKA yang masih muda untuk cek kondisi fisik kesehatan, meskipun terbebas dari diagnosis penyakit tertentu yang bersifat serius.

Lalu, apa saja manfaat Medical Check Up sehingga menjadi prosedur yang penting untuk dilalui?

1. Membantu proses perawatan, pencegahan, dan pengobatan karena deteksi gejala penyakit yang belum terlalu parah.

2. Memberikan informasi penting seputar kesehatan fisik dan organ dalam.

3. Biaya pengobatan berangsur lebih murah untuk kedepannya, karena sudah melakukan pencegahan sedari dini sebelum penyakit bertambah parah.

Baca Juga :  Ketahuilah 5 Jenis Olahraga Yang Cocok Dilakukan Saat Kamu Berpuasa

4. Memperpanjang harapan hidup dan kesehatan menjadi lebih sejahtera.

Prosedur MCU ini umumnya dilakukan sebagai syarat masuk bekerja, maupun cek kesehatan rutin yang diselenggarakan perusahaan. Tujuannya untuk melihat apakah calon dan seluruh karyawan sehat dan fit untuk bekerja.

Namun, pengecekan kesehatan ini dapat Anda lakukan secara mandiri dengan pemeriksaan secara intensif.

Jenis pemeriksaan Medical Check Up

Berikut adalah rangkaian jenis pemeriksaan dalam MCU, meliputi:

1. Pemeriksaan anamnesa, yaitu mengetahui informasi lebih lanjut tentang pasien seperti usia, riwayat penyakit, dan keluhan kesehatan yang biasa dirasakan.

2. Mengukur tinggi badan dan berat badan. Pada berat badan akan dilihat indeks massa tubuh (BMI), yang nantinya akan ditelusuri apakah Anda berpotensi terjangkit penyakit lain, seperti diabetes, liver, hingga kanker.

Pemeri
Pemeriksaan Gigi

3. Pemeriksaan gigi dan mulut, untuk mengecek apakah ada karang gigi atau gigi berlubang yang ternyata sudah terkena saraf, sehingga perlu perawatan saluran akar.

4. Skrining kondisi kulit untuk mendeteksi apakah ada stretch mark, luka, atau kerutan. Pemeriksaan ini bertujuan untuk melihat apakah ada tanda-tanda kanker kulit.

5. Pemeriksaan tanda-tanda vital, meliputi suhu tubuh, frekuensi nadi, frekuensi pernapasan, dan tekanan darah. Normalnya tekanan darah pada orang dewasa adalah 120/80 mmHg. Jika sudah mencapai 130/80 atau lebih, Anda dapat didiagnosis hipertensi atau darah tinggi.

medical-check-up-pemeriksaan-darah
Pemeriksaan Darah

6. Pemeriksaan kadar kolesterol, yang bisa diturunkan oleh keluarga, gaya hidup, dan penyakit diabetes.

7. Skrining kesehatan usus besar untuk mencegah radang, adanya benjolan, hingga kanker. Prosedurnya bisa dengan kolonoskopi.

Baca Juga :  Manfaat Biji Pepaya bagi Kesehatan Tubuh

8. Pemeriksaan gula darah untuk mendeteksi diabetes dan prediabetes. Hal ini penting bagi pasien dengan berat badan berlebih (Obesitas), memiliki riwayat kolesterol dan darah tinggi.

medical-check-up-bone-densitometry
Pemeriksaan tulang dengan bone density

9. Bone densityprosedur untuk melihat lebih lanjut kondisi tulang pada lansia apakah mengalami pengapuran, trauma tulang dan sendi akibat kecelakaan, hingga osteoporosis.

10. Pemeriksaan payudara pada wanita dengan prosedur mammografi, bertujuan untuk melihat benjolan atau sel kanker yang tumbuh.

11. Pemeriksaan saluran prostat pada pria, untuk meninjau kesehatan saluran kemih, dan apakah sudah memasuki tahap kanker jika gejala yang dirasakan lebih parah.

12. Skrining kesehatan serviks dengan prosedur pap smear. Untuk mencegahnya, Anda dapat melakukan suntik HPV dengan 3 kali dosis.

Seluruh cabang Mitra Keluarga menyediakan fasilitas Medical Check Up yang terdiri dari berbagai paket. Untuk informasi lebih lanjut, hubungi Customer Care Mitra Keluarga.

Apa yang harus dipersiapkan sebelum Medical Check Up?

Sehari sebelum melakukan prosedur MCU, Sahabat MIKA wajib memperhatikan aktivitas dan asupan gizi agar hasil evaluasi kesehatan cukup memuaskan.

persiapan-medical-check-up
Tidur cukup menjadi salah satu syarat siap yang harus dipenuhi agar medical check up berjalan dengan lancar.

Nah, apa saja persiapan yang harus dilakukan sebelum melaksanakan Medical Check Up?

1. Tidur cukup, minimal selama 6 jam. Kurang tidur akan mengganggu kerja jantung, suhu tubuh, dan tekanan darah.

2. Melakukan puasa 8-10 jam sebelum MCU untuk menetralkan kadar gula darah dan kolesterol. Namun, Anda tetap bisa mengkonsumsi air putih.

3. Hindari konsumsi alkohol dalam kurun waktu 24 jam.

4. Bagi penderita hipertensi, konsultasikan ke dokter terlebih dahulu apakah obat-obatan dapat dikonsumsi menjelang MCU.

5. Apabila memiliki penyakit kronis, jangan lupa untuk membawa catatan medis dan diagnosis dari dokter.

Baca Juga :  Kenali Obat Saraf Kejepit Dapat Meringankan Rasa Sakit

6. Bagi wanita yang ingin melakukan pap smear, jangan lakukan di 7 hari sebelum atau sesudah menstruasi. Dikhawatirkan hasil akan tidak akurat karena kerja hormon.

7. Bagi ibu hamil, lewati prosedur yang mengharuskan untuk X-Ray atau paparan sinar radiasi lainnya.

MCU adalah prosedur penting untuk menjaga kualitas kesehatan Anda

Jadi, Medical Check Up hukumnya wajib untuk evaluasi kesehatan dan deteksi gangguan penyakit lebih lanjut, supaya tidak bertambah parah di kemudian hari. MCU juga menjadi peringatan agar Anda bisa lebih menjaga kesehatan.

Sahabat MIKA, yuk lebih peduli dengan kesehatan Anda dengan MCU di Mitra Keluarga, karena kali ini tengah bekerjasama dengan BPJS Ketenagakerjaan dengan meluncurkan promo skrining kesehatan dan Medical Check Up!

promo-bpjs-ketenagakerjaan-medical-check-up

Syaratnya, tunjukkan aplikasi JMO di smartphone Android dan iOS, Sahabat MIKA bisa nikmati diskon untuk pemeriksaan MCU, laboratorium, bone densitometry, mammografi, dan radiologi.

Promo berlaku dari Desember 2022 – Desember 2023. Informasi lebih lanjut, kunjungi Mitra Keluarga terdekat, atau kunjungi situs bpjsketenagakerjaan.go.id.

Bagi Sahabat MIKA yang ingin konsultasi dengan dokter spesialis mengenai riwayat penyakit yang dimiliki, buat janji konsultasi di website Mitra Keluarga, ya!

Sumber:

WebMD. 2022. Checkups and Tests You Shouldn’t Miss. [daring]. https://www.webmd.com/a-to-z-guides/ss/slideshow-checkups-needed

emedicinehealth. General Medical Checkup Check List, When, and How Often. [daring].

https://www.emedicinehealth.com/checkup/article_em.htm#what_are_general_medical_checkups

Wellness Healthcare Group. 2022. Medical Check-Up: Top 7 Reasons You Need Regular Checkup. [daring].

Medical Check-Up: Top 7 Reasons You Need Regular Checkup

IMU Healthcare. Preparations for Health Screening. [daring].

 

Artikel anda ingin di muat di dailyhospital.id? Silahkan Register disini atau hubungi : halo@medicaltourism.id  untuk kerjasama & partnership

Related Articles

Responses

Your email address will not be published. Required fields are marked *