5 Manfaat Rutin Konsumsi Buah Nanas untuk Kolesterol

Jus_Nanas

Mengapa buah nanas bermanfaat untuk kolesterol? Karena, buah nanas mengandung senyawa bromelain yang dapat memecah endapan kolesterol di arteri, sehingga mendukung aliran darah yang sehat dan mengurangi risiko penyakit jantung.

Kolesterol tidak selalu jahat. Justru, keberadaan kolesterol diperlukan untuk membangun struktur membran sel, membuat hormon seperti hormon estrogen, testosteron, dan adrenal, serta membantu metabolisme bekerja secara efisien. 

Namun, terlalu banyak kolesterol juga dapat berbahaya buat tubuh. Yuk, simak di sini manfaat rutin konsumsi buah nanas untuk kadar kolesterol yang baik pada tubuh!

Manfaat buah nanas untuk kolestrol
Manfaat buah nanas untuk kolestrol

Manfaat Buah Nanas untuk Kolesterol

Kolesterol tinggi dapat menyebabkan penumpukan lemak dan timbunan lemak dalam darah dan arteri. Kondisi ini dapat menyebabkan serangan jantung, stroke, diabetes, dan tekanan darah tinggi. Nanas adalah salah satu buah yang dapat bermanfaat dalam hal menurunkan kadar kolesterol. Apa saja manfaat rutin konsumsi buah nanas untuk kolesterol?

  1. Mencegah lemak berlebihan

Nanas kaya akan vitamin, mineral, dan nutrisi penting untuk tubuh. Kandungan bromelain dalam nanas membuatnya buah ini sangat baik dalam membantu memecah protein dan lemak berlebih berada di dalam darah. Kandungan lemak berlebih dalam darah dapat meningkatkan risiko penyumbatan yang memicu penyakit kardiovaskular.

  1. Menyehatkan jantung

Manfaat buah nanas lainnya adalah menyehatkan jantung. Nanas adalah sumber nutrisi yang sangat baik untuk mendukung kesehatan jantung. Nanas merupakan makanan yang larut dan kaya serat sehingga membantu menjaga kadar gula darah dan menurunkan kolesterol berlebih. Serat larut sangat efektif untuk menurunkan kadar kolesterol low-density lipoprotein (LDL), yang biasa disebut sebagai kolesterol “jahat”.

  1. Menurunkan risiko hiperkolesterolemia

Nanas menunjukkan aktivitas antioksidan dan penurun kolesterol, sehingga dapat menurunkan risiko penyakit hiperkolesterolemia yang merupakan penyakit pembuluh darah dan perlemakan hati.  Kandungan senyawa pada buah nanas dapat mengurangi kadar kolesterol di hati dan trigliserida.

  1. Mengurangi peningkatan berat badan

Manfaat buah nanas lainnya berkaitan dengan berat badan. Peningkatan berat badan juga dapat dikaitkan dengan kadar kolesterol yang tinggi. Nah, mengonsumsi nanas secara rutin dapat mengurangi kenaikan berat badan, profil lipid serum, koefisien aterogenik, rasio risiko jantung, dan aktivitas enzim hati, yang baik untuk kesehatan dan manajemen berat badan. Konsumsi nanas juga dapat mengembalikan kandungan protein karbonil jantung serta mengurangi malondialdehid jantung.

  1. Menurunkan trigliserida

Diet tinggi buah-buahan termasuk nanas dan sayuran sangat penting untuk kesehatan yang baik secara keseluruhan. Pola makan ini juga mampu untuk menurunkan kadar kolesterol. 

Baca Juga :  5 Bahaya Pengidap Binge Eating Disorder

Namun, trigliserida sangat dipengaruhi oleh gula dalam makanan dan buah mengandung fruktosa. Jika kamu mau menurunkan kolesterol dengan cara mengonsumsi nanas, ada baiknya kamu mengonsumsinya sebagai buah utuh, bukannya jus.

Jenis Makanan Lain untuk Kolesterol Sehat

Menjaga kesehatan kadar kolesterol memang berkaitan erat dengan pola makan dan jenis makanan yang biasa dikonsumsi. Selain memasukkan nanas sebagai menu sehat harian, kamu juga bisa memasukkan alternatif makanan berikut ini: 

  1. Oat

Makan semangkuk oatmeal atau sereal berbahan dasar oat sebagai sarapan dapat menjaga kolesterol tetap dalam tingkat yang normal. 

  1. Kacang

Kacang sangat kaya akan serat larut sehingga membutuhkan waktu untuk dicerna tubuh, yang berarti kamu merasa kenyang lebih lama. Selain itu, serat juga baik untuk menjaga kolesterol baik. 

  1. Minyak nabati

Menggunakan minyak nabati cair seperti kanola, bunga matahari, safflower, dan lainnya sebagai pengganti mentega, dapat menurunkan kolesterol LDL.

  1. Jenis buah lain

Selain nanas, buah lain seperti apel, anggur, stroberi, dan jeruk jeruk baik untuk kolesterol. Soalnya buah ini kaya akan pektin, sejenis serat larut yang dapat menurunkan LDL.

Nah, itulah beberapa manfaat buah nanas bila dikonsumsi secara rutin. Kalau kamu punya masalah kesehatan dengan kadar kolesterol yang naik, kamu bisa buat janji pemeriksaan ke rumah sakit

Ditinjau oleh: dr. Fadhli Rizal Makarim

Artikel anda ingin di muat di dailyhospital.id? Silahkan Register disini atau hubungi : halo@medicaltourism.id  untuk kerjasama & partnership

Related Articles

Responses

Your email address will not be published. Required fields are marked *