5 Cara Membiasakan Gaya Hidup Sehat pada Anak

Gaya_Hidup_Sehat_Anak

Gaya hidup sehat tidak hanya penting untuk orang dewasa. Nyatanya, kebiasaan gaya hidup sehat harus ditanamkan sejak masih kanak-kanak. Itulah pentingnya bagi orang tua untuk membiasakan gaya hidup sehat anak sejak dini. Dengan begitu, kualitas hidup anak akan meningkat. Hal ini merupakan investasi jangka panjang hingga anak tumbuh remaja dan dewasa kelak.

Dengan melakukan gaya hidup sehat anak sejak dini, tentu kesehatan anak pun akan lebih terjaga saat dia menginjak usia dewasa. Berikut adalah beberapa cara yang bisa dilakukan ibu untuk membiasakan gaya hidup sehat pada anak:

1. Ajarkan dengan Memberi Contoh

Sebagai orang tua, ayah dan ibu memiliki kesempatan untuk membantu membentuk anak, agar ia tumbuh menjadi individu yang bahagia serta mampu menyesuaikan diri dengan baik. Sebelum mengajari anak tentang gaya hidup sehat, orang tua harus lebih dulu memiliki kebiasaan tersebut agar menjadi contoh bagi anak.

Misalnya, jika anak melihat ayah dan ibu suka makan buah dan sayuran selama waktu makan, mereka pasti ingin menirunya. Jika anak melihat orang tuanya suka pilih makanan atau makan berlebihan, maka mereka pun akan menirunya.

Sama seperti ketika ayah dan ibu menjaga mulut untuk memastikan tidak melontarkan kata-kata kotor, yang mungkin dipelajari atau ditiru anak. Perlu diingat, anak-anak selalu memperhatikan. Dan dengan melihat orang tuanya melakukan gaya hidup sehat, mereka juga akan mengikutinya.

Baca Juga :  Ketahui 3 Penyebab Stroke yang Paling Sering Terjadi

2. Berikan pilihan Makanan yang Sehat Di Meja Makan

Banyak penelitian yang menunjukkan, bahwa makanan yang orang tua berikan kepada anak sekarang, akan secara langsung membentuk preferensi makanan mereka di kemudian hari. Jika orang tua sering memberikan pilihan makanan cepat saji, maka hingga tumbuh besar ia cenderung menyukai makanan cepat saji yang tidak sehat.

Orang tua juga perlu memastikan bahwa waktu makan adalah acara keluarga, dengan makanan yang disajikan di meja makan. Dengan menetapkan waktu makan keluarga, orang tua dapat memastikan anak-anak tumbuh dengan kebiasaan sehat yang sama.

3. Lakukan Olahraga atau Aktivitas Fisik Bersama Anak

Anak-anak membutuhkan setidaknya satu jam aktivitas fisik per hari. Tubuh anak perlu tetap aktif. Untuk mendorong gaya hidup sehat anak, pertimbangkan untuk menjadwalkan kegiatan olahraga atau aktivitas fisik lainnya bersama anak.

Aktivitas fisik tidak hanya membantu anak mempertahankan berat badan yang sehat, tapi juga membantu mereka mengembangkan otak yang sehat juga. Perlu diketahui, waktu bermain dan olahraga yang teratur ternyata bisa membuat anak jadi lebih pintar.

4. Jangan Gunakan Makanan sebagai Hadiah

Misalnya anak mendapatkan nilai A pada ujian matematikanya, kemudian ayah dan ibu mengajaknya untuk makan es krim untuk merayakannya. Sebaiknya pikirkan lagi tentang hal tersebut. Tindakan tersebut hanya akan mengajarkan anak bahwa makanan yang tidak sehat adalah hadian untuk perilaku yang baik. Ini juga membuat anak lebih memilih junk food dibandingkan makanan sehat.

Baca Juga :  Cara Mudah Untuk Menghilangkan Kecanduan Fast Food

Sebaiknya ganti hadiah makanan dengan hal lain. Misalnya memberikan alat tulis baru, mengajak nonton ke bioskop, atau hadiah lainnya yang berupa kegiatan dan benda yang lebih bermanfaat untuk anak.

5. Jangan Sediakan Gadget di Kamarnya

Anak-anak harus memiliki waktu tidur yang cukup. Hal tersebut bermanfaat untuk kesehatan tubuh anak, mempertahan berat badan sehat, dan menjadikan anak lebih berprestasi di sekolah. Tegaskan pada anak bahwa ia harus memiliki kebiasaan tidur yang sehat dengan tanpa adanya TV, video game, dan gadget di kamar tidur.

Nah, itulah beberapa cara untuk membiasakan gaya hidup sehat anak. Jika ingin tahu lebih banyak tentang cara menjaga kesehatan dan pertumbuhan anak, ayah dan ibu bisa tanyakan pada dokter anak yang ada didekat rumah anda.

Ditinjau oleh: dr. Fadhli Rizal Makarim

Artikel anda ingin di muat di dailyhospital.id? Silahkan Register disini atau hubungi : halo@medicaltourism.id  untuk kerjasama & partnership

Related Articles

Responses

Your email address will not be published. Required fields are marked *