Mari Mengenali Penyebab Gigi Menjadi Sensitif

Gigi Sensitif

Gigi sensitif adalah sensasi ngilu dan nyeri pada gigi. Sensasi tersebut muncul sebagai respons terhadap sejumlah aktivitas pada gigi, misalnya ketika makan atau minum yang panas atau dingin.

Gigi sensitif dapat terjadi sementara atau dalam jangka panjang. Kondisi ini juga dapat terjadi pada satu atau beberapa gigi, bahkan semua gigi. Umumnya, gigi sensitif dapat diatasi dengan menangani penyebabnya.

Penyebab Gigi Sensitif

Gigi memiliki beberapa lapisan. Gigi sensitif terjadi ketika dentin (lapisan tengah gigi) terbuka, dan terpapar rangsangan dari luar. Pembukaan dentin terjadi akibat lapisan terluar gigi, yaitu email atau enamel gigi, mengalami kerusakan.

Dentin memiliki saluran yang terhubung dengan saraf. Oleh karena itu, jika dentin terekspos dan mendapatkan rangsangan dari luar, seperti terkena makanan atau minuman yang panas atau dingin, gigi sensitif dapat terjadi.

Terbukanya dentin dapat disebabkan oleh sejumlah kondisi, yaitu:

  1. Penipisan email

Email atau enamel adalah jaringan paling kuat di tubuh manusia. Akan tetapi, lapisan ini juga dapat menipis atau rusak akibat konsumsi makanan atau minuman manis, asam, atau minuman bersoda.

  1. Kondisi gigi dan mulut

Gigi yang berlubang atau patah dapat membuat dentin terbuka sehingga memicu gigi sensitif. Kondisi lain di mulut yang dapat menyebabkan gigi sensitif adalah gusi yang menyusut. Penyusutan gusi dapat membuat akar gigi terlihat dan tidak terlindungi.

Baca Juga :  Kemenkes Nyatakan Booster bagi Remaja 16 - 18 Tahun Sulit untuk Dilakukan

Selain itu, radang gusi juga dapat menyebabkan gigi sensitif.

  1. Kondisi lambung

Gigi sensitif juga bisa disebabkan oleh penyakit refluks asam lambung (GERD). Asam lambung yang naik dari lambung dan kerongkongan dapat mengikis email gigi apabila terjadi dalam jangka panjang.

Selain penyakit refluks asam lambung, kondisi medis lain yang dapat menyebabkan gigi sensitif adalah gangguan pengosongan lambung (gastroparesis), dan gangguan makan seperti bulimia.

  1. Kebiasaan buruk

Beberapa kebiasaan buruk juga dapat menyebabkan gigi sensitif, misalnya menyikat gigi terlalu keras atau menggunakan sikat gigi yang kasar. Kebiasaan menggeretak gigi saat sedang tidur (bruxism) juga dapat memicu gigi sensitif.

  1. Prosedur medis

Beberapa tindakan medis pada gigi seperti tambal gigi dan pemutihan gigi, juga dapat menyebabkan gigi sensitif. Meski demikian, gigi sensitif yang timbul akibat prosedur medis hanya sementara.

Nah, itulah beberapa Penyebab Gigi menjadi sensitif. Jika gigi anda mulai merasa sensitif segera melakukan konsultasi bersama dokter speasialis gigi yang ada di dekat rumah anda. Agar mengetahui penyebabnya.

 

Artikel anda ingin di muat di dailyhospital.id? Silahkan Register disini atau hubungi : halo@medicaltourism.id  untuk kerjasama & partnership

Related Articles

Responses

Your email address will not be published. Required fields are marked *