Kenali 5 Manfaat Jus Tomat untuk Kesehatan Tubuh

Tomat

Mengapa Jus Tomat Baik untuk Tubuh?

Tomat memiliki kandungan likopen, yaitu salah satu jenis jenis antioksidan yang diketahui dapat mencegah berbagai penyakit, termasuk kanker. Sebuah penelitian mengungkapkan bahwa konsumsi buah tomat atau produk olahan tomat dapat menurunkan risiko kanker prostat pada pria.

Manfaat Jus Tomat Bagi Tubuh
Manfaat Jus Tomat Bagi Tubuh

Apa Saja Manfaat Jus Tomat untuk Kesehatan?

Jus tomat mengandung beragam nutrisi, seperti vitamin, protein, karbohidrat, gula, dan serat, sehingga sayang untuk dilewatkan begitu saja. Berikut ini adalah beberapa manfaat jus tomat bagi kesehatan:

1. Mencegah penyakit diabetes

Buah tomat mengandung karbohidrat yang rendah, yaitu hanya sekitar 4 gram di dalam setiap 100 gram buah tomat. Sebuah penelitian mengungkapkan bahwa rutin mengonsumsi buah tomat dapat mengurangi risiko terjadinya penyakit jantung dan pembuluh darah yang terkait dengan diabetes tipe 2.

2. Menurunkan kadar kolesterol

Jus tomat diduga mampu mengurangi kolesterol jahat dalam tubuh. Ini berkat kandungan likopen yang ada di dalamnya. Untuk mendapatkan manfaat ini, Anda hanya cukup mengonsumsi 2 gelas jus tomat setiap harinya.

3. Mengurangi risiko terkena kanker prostat

Seperti yang telah disebutkan sebelumnya bahwa konsumsi buah tomat dapat menurunkan risiko terkena kanker prostat dan juga menjadikannya sebagai pengobatan alternatif kanker prostat. Manfaat ini juga berasal dari kandungan likopen yang dapat melindungi sel dari kerusakan.

4. Mencegah stroke

Manfaat likopen di dalam jus tomat tidak hanya dapat mencegah kolesterol tinggi dan kanker prostat, tetapi juga menurunkan risiko terkena stroke. Hal ini karena likopen dapat mengurangi peradangan, mencegah pembekuan darah, dan memperkuat daya tahan tubuh.

Baca Juga :  Apa Sih Bedanya Hipertensi Primer dan Hipertensi Sekunder?

5. Menjaga kesehatan kulit

Tomat yang kaya antioksidan dipercaya dapat melindungi kulit dari kerusakan akibat paparan sinar matahari. Sebuah penelitian menunjukkan bahwa orang yang mengonsumsi jus tomat ditambah minyak zaitun setidaknya selama 10 minggu memiliki risiko lebih rendah mengalami sunburn.

Selain itu, buah tomat juga diketahui dapat menurunkan tekanan darah serta bermanfaat sebagai minuman pembersih paru-paru. Meski demikian, hal tersebut masih perlu diteliti lebih lanjut.

Anda pun bisa berkonsultasi dengan dokter untuk mengetahui lebih jauh manfaat jus tomat untuk kesehatan, terutama bila Anda sedang menjalani diet untuk menurunkan berat badan atau memiliki kondisi medis tertentu.

Artikel anda ingin di muat di dailyhospital.id? Silahkan Register disini atau hubungi : halo@medicaltourism.id  untuk kerjasama & partnership

Related Articles

Responses

Your email address will not be published. Required fields are marked *