Kenali Beberapa Manfaat Infused Water Lemon untuk Kesehatan

Manfaat Infused Water Lemon

Infused water lemon adalah minuman yang terbuat dari air putih dicampur dengan irisan buah lemon. Sama seperti infused water lainnya, minuman ini juga bisa memberikan manfaat kesehatan, mulai dari menghidrasi tubuh, membuat tubuh jadi nggak gampang sakit, sampai mencegah kulit kering.

Infused Water Lemon
Infused Water Lemon

Berikut Beberapa Manfaat Infused Water Lemon untuk Kesehatan

Buah lemon mengandung banyak nutrisi penting, seperti protein, karbohidrat, kalium, kalsium, magnesium, fosfor, asam folat, kolin, antioksidan, serta vitamin A, B6, dan C. Oleh karena itu, minum infused water lemon akan memberikanmu beragam dampak baik bagi kesehatan, di antaranya:

1. Menghidrasi tubuh

Minum infused water lemon bisa membantu menghidrasi tubuh. Jika dikonsumsi dalam jumlah yang cukup, paduan air putih dengan kandungan air pada buah lemon yang cukup tinggi tersebut bisa mencegah terjadinya dehidrasi.

2. Mencegah kulit kering

Mencukupi kebutuhan cairan harian bukan cuma bisa mencegah dehidrasi, tetapi juga bisa mencegah kulit kering karena air juga membantu kulit terhidrasi. Biasanya, kulit kering ditandai dengan ciri-ciri, yaitu kasar ketika disentuh, gatal, bersisik, bahkan tidak jarang jadi rentan mengelupas dan menimbulkan luka.

3. Menjaga daya tahan tubuh

Buah lemon merupakan salah satu sumber vitamin C. Selain itu, buah ini juga mengandung sejumlah antioksidan, vitamin A, dan asam folat. Keempat kandungan tersebut sangat diperlukan untuk mendukung sistem imun.

Baca Juga :  7 Kebiasaan Sehat pada Malam Hari yang Baik di untuk Lakukan

4. Mengontrol tekanan darah

Bila kamu menderita hipertensi, cobalah untuk minum infused water lemon. Minuman ini mengandung kalium, yang merupakan mineral penting untuk menjaga kesehatan jantung dan pembuluh darah, sehingga bisa membantu mengontrol tekanan darahmu.

Tidak hanya itu, mineral ini juga dibutuhkan tubuh untuk membantu saraf dan otot berfungsi dengan baik, serta membantu jantung agar berdetak teratur.

5. Mencegah terbentuknya batu ginjal

Asam sitrat dalam buah lemon dipercaya bisa mencegah terbentuknya batu ginjal. Selain itu, sitrat (komponen pada asam sitrat) bisa mengurangi kadar keasaman (pH) urine, serta mampu memecah batu ginjal agar ukurannya mengecil. Namun, dibutuhkan asam sitrat dalam jumlah yang banyak untuk merasakan manfaat ini.

6. Mencegah kerusakan sel

Radikal bebas bisa merusak sel dan menyebabkan timbulnya beragam jenis penyakit, termasuk kanker. Untuk mengantisipasi hal tersebut, kamu dianjurkan mengonsumsi buah-buahan yang mengandung antioksidan, salah satunya lemon.

7. Membuat kulit lebih sehat

Selain menggunakan serangkaian skin care, kamu dianjurkan untuk mengonsumsi buah lemon, yang merupakan salah satu sumber vitamin C dan antioksidan, agar kulit lebih sehat. Kedua nutrisi ini bisa meningkatkan produksi kolagen, membuat kulit lebih halus, serta menyamarkan kerutan dan flek di wajah.

8. Melancarkan pencernaan

Minum air lemon atau infused water lemon sebelum makan bisa membantu memecah makanan, serta meningkatkan dan memperbaiki saluran cerna. Manfaat tersebut diperoleh dari sitrat pada buah lemon yang dapat meningkatkan sekresi asam lambung dan gerak peristaltik.

Baca Juga :  6 Kebiasaan Sehari - hari yang Membahayakan Kesehatan

9. Mencegah anemia

Vitamin C pada lemon mampu membantu penyerapan zat besi dalam tubuh. Minum infused water lemon dan mencukupi kebutuhan vitamin C harian dari makanan atau minuman lainnya bisa melindungimu dari penyakit anemia.

Itulah berbagai macam manfaat kesehatan yang bisa kamu dapatkan ketika rutin meminum infused water lemon setiap hari. Cara membuat minuman ini pun tidak sulit, kok. Kamu hanya membutuhkan dua bahan saja, yaitu air putih dan buah lemon.

Kamu juga bisa menambahkan beragam bahan lain, seperti daun mint, madu, jahe, juga kayu manis ke dalam infused water lemon. Kamu bisa memilihnya sesuai dengan seleramu.

Namun, kamu jangan terlalu berlebihan mengonsumsi minuman ini, ya. Soalnya, kandungan asam pada buah ini bisa meningkatkan asam lambung dan mengikis enamel gigi.

Artikel anda ingin di muat di dailyhospital.id? Silahkan Register disini atau hubungi : halo@medicaltourism.id  untuk kerjasama & partnership

Related Articles

Responses

Your email address will not be published. Required fields are marked *