Berikut Merupakan Cara Agar Rambut Kamu Tidak Mudah Rontok

Rambut Rontok Pada Wanita

Normalnya, rambut memang akan rontok sebanyak 50–100 helai per hari untuk digantikan dengan rambut baru. Namun, jika rambut rontok terjadi terus-menerus dan lebih dari 100 helai per hari, kondisi ini dapat menyebabkan penipisan rambut atau kebotakan, baik sementara maupun permanen.

Rambut rontok tidak hanya mengganggu penampilan, tetapi juga bisa menyebabkan penderitanya menjadi stres dan tidak percaya diri. Meskipun kebanyakan rambut rontok tidak berbahaya, mencari tahu cara agar rambut tidak rontok dapat dilakukan sebagai upaya pencegahan kebotakan.

Berbagai Cara agar Rambut Tidak Rontok

Mencegah kerontokan rambut tidak hanya dengan memberikan perawatan rambut dari luar, seperti menggunakan sampo atau vitamin rambut. Mencukupi nutrisi untuk memastikan rambut beregenerasi dengan baik juga merupakan cara agar rambut tidak rontok.

Berikut adalah berbagai cara agar rambut tidak rontok yang memberikan hasil optimal:

1. Gunakan sampo yang sesuai jenis rambut

Penggunaan sampo berkontribusi pada kesehatan rambut termasuk mencegah terjadinya kerontokan. Oleh karena itu, menggunakan sampo yang tepat, sesuai dengan jenis dan permasalahan rambut, dapat menjadi salah satu cara agar rambut tidak rontok.

Anda dapat memilih sampo yang dapat membantu menumbuhkan rambut dan mengatasi rambut rontok. Sampo jenis ini bekerja dengan meningkatkan kesehatan kulit kepala dan merangsang pertumbuhan folikel rambut, sehingga kerontokan dapat dicegah dan volume rambut Anda bertambah.

Baca Juga :  Selada Memiliki 7 Manfaat untuk Kesehatan dan Kecantikan, Yuk Simak!

Selain itu, Anda bisa memilih sampo tanpa kandungan deterjen sulfat agar kulit kepala kering serta rambut kusut, mudah patah, dan rontok dapat dihindari.

2. Bijak dalam mewarnai rambut

Mewarnai rambut memang dapat meningkatkan penampilan. Namun, terlalu sering mewarnai rambut justru dapat menyebabkan kerontokan.

Anda dapat menghindari penggunaan bleaching dalam proses pewarnaan rambut sebagai cara agar rambut tidak rontok. Pasalnya, metode pewarnaan rambut dengan bleaching dapat memecah molekul protein keratin, sehingga rambut menjadi rusak dan rontok.

3. Batasi penggunaan alat penata rambut bersuhu tinggi

Cara agar rambut tidak rontok berikutnya adalah dengan membatasi penataan rambut menggunakan alat yang bersuhu tinggi, seperti alat pengering dan catokan rambut. Jika digunakan secara terus-menerus, alat bersuhu tinggi dapat menghilangkan kelembapan alami rambut, sehingga rambut menjadi lebih mudah rontok.

4. Hindari penataan dengan menarik rambut

Selain penataan rambut dengan alat bersuhu tinggi, menata rambut dengan gaya tertentu, seperti kuncir kuda, sanggul, atau kepang juga dapat menyebabkan kerontokan pada rambut.

Gaya rambut seperti itu membuat rambut tertarik terlalu kuat dan folikel rambut melemah, sehingga dapat menyebabkan kerontokan. Jika dilakukan terlalu sering dan hingga folikel rambut rusak, kerontokan yang dialami bisa terjadi secara permanen.

Selain itu, kebiasaan menarik atau memutar rambut juga perlu dihindari untuk mencegah rambut rontok. Jika dilakukan terus-menerus, kebiasaan ini dapat melemahkan rambut yang sudah rapuh, sehingga kerontokan pun akan makin parah.

Baca Juga :  Inilah Beberapa Mitos Seputar Depresi Yang Perlu Kamu Ketahui

5. Sisir rambut dengan cara yang tepat

Teknik menyisir rambut juga perlu diperhatikan agar rambut tidak mudah rontok. Sisirlah rambut Anda dengan lembut dari pangkal ke ujung rambut agar minyak rambut alami menyebar rata. Selain itu, gunakanlah sisir bergigi jarang dan hindari menyisir rambut saat masih basah.

6. Lindungi rambut dari sinar matahari

Selain kulit, rambut juga perlu dilindungi dari paparan sinar matahari agar terhindar dari kerusakan, termasuk rambut rontok. Cara agar rambut tidak rontok berikutnya adalah dengan melindungi rambut dari paparan sinar matahari langsung. Anda dapat menggunakan topi atau payung saat beraktivitas di luar ruangan pada siang hari.

7. Konsumsi makanan bernutrisi

Makanan yang mengandung antioksidan dapat membantu melawan radikal bebas yang dapat merusak folikel rambut. Selain itu, antioksidan juga terbukti dapat meningkatkan volume rambut dan memperbaiki kondisi kulit kepala yang akan mengurangi kerontokan.

Stroberi, bluberi, kacang-kacangan, bayam, dan kangkung merupakan contoh makanan sumber antioksidan. Konsumsi makanan yang kaya akan antioksidan ini bagus untuk menjaga kesehatan rambut dan mencegah terjadinya kerontokan.

Nah itulah beberapa cara mengatasi agar rambut kamu tidak rontok, jika Anda mengalami rambut rontok berlebih dan terus-menerus, maupun kebotakan yang terjadi secara tiba-tiba, sebaiknya periksakan diri ke dokter. Dengan begitu, dokter dapat agar dapat mengetahui penyebab kondisi Anda serta menyarankan bergam cara agar rambut tidak makin rontok.

Baca Juga :  Benarkah Madu Bermanfaat untuk Asam Lambung? Ini Faktanya
Artikel anda ingin di muat di dailyhospital.id? Silahkan Register disini atau hubungi : halo@medicaltourism.id  untuk kerjasama & partnership

Related Articles

Responses

Your email address will not be published. Required fields are marked *