Ketahui Segudang Manfaat Infused Water Timun Untuk Kesehatan

Manfaat Infused Water Timun Bagi Kesehatan

Infused water timun bukanlah sekadar minuman penghilang dahaga semata. Soalnya, kandungan nutrisi pada buah pemilik nama latin Cucumis sativus tersebut cukup banyak. Sehingga, mengonsumsi minuman ini bisa memberikan manfaat kesehatan yang luar biasa.

Infused Water Timun
Infused Water Timun

Berikut Manfaat Infused Water Timun untuk Kesehatan

Buah ketimun, mentimun, atau timun mengandung gizi yang dibutuhkan oleh tubuh, seperti karbohidrat, protein, serat, magnesium, kalium, mangan, serta vitamin A, B5, C, dan K. Selain itu, buah ini juga menyimpan air yang cukup melimpah.

Berkat kandungan nutrisinya tersebut, mengonsumsi infused water timun bisa memberikan segudang manfaat kesehatan, di antaranya:

1. Menghidrasi tubuh

Hampir 97% kandungan timun adalah air. Jika kamu bosan minum air putih dan ingin minuman yang memiliki rasa tambahan, tetapi tetap sehat, kamu bisa nih mulai minum infused water timun. Selain rasanya enak, kandungan air pada timun bisa membantu tubuh tetap terhidrasi dengan baik, sehingga kamu terhindar dari dehidrasi.

2. Menangkal paparan radikal bebas

Timun mengandung zat gizi yang punya sifat antioksidan, seperti vitamin C, beta karoten, mangan, flavonoid, dan molibdenum. Semua kandungan tersebut berperan penting dalam menangkal radikal bebas penyebab penyakit berbahaya.

3. Menurunkan tekanan darah

Punya tekanan darah tinggi? Selain rutin minum obat sesuai anjuran dokter, coba deh konsumsi infused water timun. Soalnya, kandungan kalium pada timun bisa membantu mengatur jumlah garam yang tertahan oleh ginjal, sehingga membantu tekanan darahmu turun dan tetap normal.

Baca Juga :  Inilah Beberapa Mitos Seputar Depresi Yang Perlu Kamu Ketahui

4. Membuat kulit halus

Timun tinggi asam pantotenat atau vitamin B5. Kandungan ini dapat melembapkan dan membuat kulit lebih halus, serta mencegah datangnya jerawat. Vitamin ini juga bisa membuat rambut tampak bervolume dan berkilau.

Selain vitamin B5, kandungan air pada timun pun memiliki peranan penting untuk menjaga kelembapan kulit dan mencegah kulit kering.

5. Memperkuat tulang

Vitamin C, vitamin K, kalium, fosfor, protein, dan antioksidan adalah sejumlah nutrisi yang dibutuhkan untuk mendukung kekuatan tulang dan menjaga kesehatan tulang. Semua itu bisa didapatkan dari buah timun.

6. Membantu menurunkan berat badan

Beragam minuman manis, seperti jus kemasan dengan tambahan gula, minuman bersoda, atau kopi kekinian memang enak, tetapi bisa memicu kenaikan berat badan jika dikonsumsi berlebihan. Jika kamu sedang berusaha untuk menurunkan bobot tubuh, coba ganti jenis minuman-minuman tersebut dengan infused water timun.

Selain bisa menghidrasi tubuh, minuman ini juga mengenyangkan dan menekan rasa lapar, sehingga menurunkan keinginanmu untuk minum minuman manis.

7. Menjaga kesehatan jantung

Kandungan kalium dan sejumlah zat gizi yang memiliki efek antioksidan pada timun bisa membantu menjaga kesehatan jantung. Antioksidan tidak hanya menangkal radikal bebas, tapi juga mampu menurunkan risiko terjadinya penyakit jantung. Selain itu, kalium juga baik untuk menjaga kerja jantung dan pembuluh darah.

8. Menjaga kesehatan tubuh

Karena nutrisinya yang melimpah, mengonsumsi infused water bisa menjaga tubuhmu tetap sehat. Selain itu, kandungan antioksidan, protein, juga vitamin C pada buah timun bisa memperkuat imun tubuh, sehingga kamu tidak mudah sakit.

Baca Juga :  7 Jenis Depresi yang perlu kamu ketahui

9. Menurunkan risiko terkena penyakit kanker

Beberapa penelitian mengungkapkan bahwa antioksidan, cucurbitacins, dan lignan yang terkandung pada timun bisa melawan sel kanker. Selain itu, flavonoid pada buah ini diyakini bisa membantu memperlambat perkembangan kanker prostat, lho.

Banyak sekali manfaat infused water timun untuk kesehatan, ya. Jika kamu tertarik untuk menikmati minuman ini, buatlah sendiri dengan cara menambahkan air putih dan beberapa irisan timun.

Artikel anda ingin di muat di dailyhospital.id? Silahkan Register disini atau hubungi : halo@medicaltourism.id  untuk kerjasama & partnership

Related Articles

Responses

Your email address will not be published. Required fields are marked *