Ketahuilah 5 Jenis Olahraga Yang Cocok Dilakukan Saat Kamu Berpuasa

Bersepeda_Santai

Puasa bukan alasan untuk tidak olahraga. Justru berolahraga akan membuat tubuh sehat dan bugar, sehingga kamu bisa tetap kuat dan produktif saat berpuasa. Berbagai penelitian juga menyatakan bahwa olahraga dapat meningkatkan sensitivitas insulin dan menjaga kadar gula darah tetap normal.

Selain itu, rutin berolahraga saat puasa dapat membantu menurunkan berat badan, memperlambat proses penuaan, meningkatkan kualitas tidur, memperkuat tulang dan otot, serta menjaga kesehatan mental. Berikut beberapa jenis olahraga yang cocok dilakukan pada saat berpuasa.

Melakukan olahraga ringan seperti yoga disaat puasa
Melakukan olahraga ringan seperti yoga disaat puasa

Jenis Olahraga Saat Puasa

Jenis olahraga yang direkomendasikan saat puasa adalah olahraga dengan instensitas yang rendah hingga sedang. Pilihan olahraga yang bisa kamu lakukan saat berpuasa, antara lain:

1. Jalan kaki

Jalan kaki cocok banget nih jadi pilihan olahraga saat sedang puasa. Selain tidak memerlukan perlengkapan dan tempat khusus, selama jalan kaki kamu juga bisa menikmati pemandangan sekitar. Olahraga ini bisa kamu lakukan sembari ngabuburit.

2. Yoga

Malas keluar rumah untuk olahraga saat sedang puasa? Lakukan yoga saja! Yoga bisa membuat suasana hati membaik serta tubuh menjadi rileks dan bugar walaupun sedang puasa. Kalau kamu butuh bimbingan untuk melakukan olahraga ini, kamu bisa mengikuti tutorial yoga online yang tersedia di berbagai platform media sosial.

3. Pilates

Pilates adalah jenis olahraga yang melatih kekuatan, ketahanan, dan fleksibilitas tubuh. Agar manfaat pilates bisa kamu peroleh secara maksimal, pastikan setiap gerakan yang dilakukan benar, ya.

Baca Juga :  Liburan Memiliki Manfaat yang Baik untuk Kesehatan Tubuh

4. Bersepeda santai

Bersepeda santai di sekitar rumah bisa menjadi momen ngabuburit yang mengasyikan, lho. Kamu juga bisa keliling-keliling dengan sepeda sembari mencari camilan atau minuman untuk berbuka puasa nanti.

5. Tai Chi

Tai Chi tergolong olahraga intensitas rendah yang mudah dan cocok dilakukan saat puasa. Olahraga ini bermanfaat untuk meningkatkan kekuatan, keseimbangan, dan fleksibilitas tubuh, serta ketenangan batin. Tai Chi dapat dipraktikkan secara individual atau kelompok dan tidak memerlukan alat khusus.

Nah, itulah jenis-jenis olahraga yang bisa dilakukan agar tubuhmu tetap fit dan sehat meski sedang berpuasa. Olahraga ini bisa kamu lakukan selama 30 menit setiap harinya di waktu sore hari, yaitu 30–120 menit sebelum waktu berbuka.

Jangan lupa juga untuk tetap mengimbangi olahraga dengan pola makan sehat, cukup minum air putih saat sahur dan berbuka, serta tidur yang cukup.

Artikel anda ingin di muat di dailyhospital.id? Silahkan Register disini atau hubungi : halo@medicaltourism.id  untuk kerjasama & partnership

Related Articles

Responses

Your email address will not be published. Required fields are marked *