Pengembangan Medical Wellness oleh Pemerintah Bali melalui Peluncuran Website Oobad.id

Pada hari Kamis, 10 Agustus 2023, pukul 09.00-13.00 WITA, Dinas Kesehatan Provinsi Bali bersama dengan Kementerian Kesehatan RI, IAMARSI, BMTA, PERSI Wilayah Bali, dan PKMK FK-KMK, mengadakan Seminar Internasional dan Peluncuran Produk “Medical Wellness: Siapkah Bali Bersaing menuju Pasar Dunia?”, secara hybrid yaitu melalui online meeting (Zoom), disiarkan langsung melalui YouTube, serta pertemuan secara langsung di Kota Denpasar, Bali.

Bali dikenal mempunyai keindahan alam yang sangat menarik wisatawan untuk berkunjung, sehingga menjadi salah satu destinasi wisata unggulan di Indonesia. Pemerintah memiliki harapan bahwa Bali tidak hanya unggul pada pelayanan wisata saja tetapi juga pada pelayanan kesehatan.

Bali mempunyai kekayaan alam seperti 3000+ jenis tumbuhan yang dapat membantu dalam pengembangan kesehatan tradisional (Gubernur Provinsi Bali, 10/08/23). Gubernur juga menyampaikan bahwa SDM yang ada di Bali dapat dilatih dalam meramu atau membuat olahan obat tradisional, sehingga terdapat keseimbangan unggulan pada pelayanan kesehatan dan wisata di Indonesia. Program Medical Wellness sendiri telah dipersiapkan di Bali sejak tahun 2021 melalui beberapa rumah sakit, klinik, maupun laboratorium yang ada.

Menanggapi realita tersebut, Pemerintah Bali mengupayakan dengan merancang satu website bernama Oobad.id. Website tersebut dirancang untuk memberikan fasilitas pelayanan medis secara transaksional, yang dihubungkan dengan kebudayaan Bali.

Melalui Oobad.id, pengunjung dapat mencari informasi dan berbagai jenis layanan kesehatan yang ada di Bali. Tidak hanya menyediakan informasi, konsumen pun dapat menuangkan testimoni atas pelayanan yang diterima dan nantinya dapat dilihat oleh pengunjung lain.

Baca Juga :  Strategi Kemenkes untuk Bangkitkan Layanan Kesehatan Pasca Pandemi COVID - 19

Salah satu realisasi ini diharapkan oleh pemerintah hingga masyarakat Bali untuk dapat memajukan sektor kesehatan dan pariwisata di Bali. Pastinya, hal tersebut juga dapat bermanfaat bagi masyarakat domestik dan mancanegara.

Artikel anda ingin di muat di dailyhospital.id? Silahkan Register disini atau hubungi : halo@medicaltourism.id  untuk kerjasama & partnership

Related Articles

Responses

Your email address will not be published. Required fields are marked *